Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bahan Pokok di Aceh Relatif Stabil

Memasuki pertengahan Ramadan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bersama tim satgas pangan Polda Aceh melakukan sidak di beberapa pasar di Banda Aceh untuk memastikan harga bahan pokok yang dijual ke masyarakat stabil.

Bisnis.com, BANDA ACEH - Memasuki pertengahan Ramadan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bersama tim satgas pangan Polda Aceh melakukan sidak di beberapa pasar di Banda Aceh untuk memastikan harga bahan pokok yang dijual ke masyarakat stabil.

Kepala KPPU Wilayah Regional Sumatera-Aceh Ramli Simanjuntak menjelaskan, hasil monitoring pihaknya harga bahan pokok seperti daging sapi, daging ayam, dan cabai relatif stabil di Banda Aceh.

"Harga daging sapi itu relatif stabil di Rp120 ribu perkilogram. Harga daging sapi di Aceh sempat naik sebelum puasa karena meugang, itu bisa kita terima karena soal adat istiadat," ujar Ramli, Senin (28/5/2018).

Komoditas daging ayam juga turun dengan harga jual saat ini Rp20 ribu perkilogram dan harga cabai merah Rp20 ribu perkilogram.

Lanjut Ramli, harga daging ayam dan cabai stabil karena pasokan dari perusahaan cukup sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat.

Di samping itu harga beras premium cukup terkendali di Rp12 ribu perkilogram dan beras medium dijual seharga Rp9.300 perkilogram.

Laporan Perum Bulog Aceh, stok beras di gudang Bulog Aceh sendiri mencapai 16.547 ton.

Ia berharap tidak ada pengusaha yang menimbun barang untuk menaikkan harga di pasar, karena jika ditemukan akan ditindak secara hukum.

"Himbauan untuk pelaku usaha di Aceh, tidak perlu menahan pasokan untuk melambungkan harga, wajar-wajar saja karena ini untuk kepentingan ummat, karena kalau ada ditemukan [penimbunan barang] akan diperkarakan melalui hukum," ujar Ramli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper