Holding PTPN Resmikan 4 RKB, Wadahi Para Pelaku UKM

Oleh: Juli Etha Ramaida Manalu 28 Mei 2018 | 15:00 WIB
Holding PTPN Resmikan 4 RKB, Wadahi Para Pelaku UKM
Pengguntingan rangkaian melati sebagai lambang peresmian RKB oleh Direktur SDM dan Umum Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Seger Budiarjo, Bupati Labuhan Batu Selatan Wildan Aswan Tanjung, dan Plt. Bupati Rokan Hilir Jamiluddin, Senin (28/5/2018)/bisnis.com

Bisnis.com, LABUHAN BATU SELATAN- PT Perkebunan Nusantara III, IV, dan V melakukan peresmian Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang berlokasi di empat kabupaten di Sumatra Utara guna mewadahi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) mitra binaan perseroan.

Keempat rumah kreatif yang diresmikan antara lain RKB Kabupaten Labuhan Batu Selatan, RKB Kabupaten Batubara, RKB Mandailing Natal, dan RKB Kabupaten Rokan Hilir.

"RKB ini merupakan sumbangsih dari BUMN pada umumnya, termasuk PTPN, kepada masyarakat di mana BUMN itu berada... RKB ini dibangun oleh seluruh BUMN yang ada di Indonesia. Kami kebetulan di PTPN kebagian 4. Namun, BUMN lain yang tersebar di seluruh Indonesia, pada hari ini hampir setiap kabupaten sudah ada RKBnya," ujar Direktur SDM dan Umum Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Seger Budiarjo, Senin (28/5/2018).

Keberadaan RKB oleh PTPN ini diharapkan bisa membantu para pelaku usaha kecil menengah di empat kabupaten dalam mengembangkan dan memasarkan produknya sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian warga di sekitarnya. Pasalnya, salah satu tujuan hadirnya RKB ini, menurut Seger adalah pembentukan digital economy ecosystem untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM

Untuk mendukung pencapaian tujuan ini, masing-masing RKB akan memiliki 2 hingga 3 orang petugas untuk bisa memberikan pengawasan operasi RKB dan pembinaan bagi para pelaku UKM mitra binaan. Selain memiliki ruang untuk menampilkan produk yang dibuat oleh para mitra, RKB juga dilengkapi dengan fasilitas internet untuk bisa membantu memperluas pemasaran produk para mitra melalui platform digital.

"Kami harapkan petugas yang nanti ada di RKB termasuk dengan bimbingan dari GM PTPN yang ada, bisa berkoordinasi dengann stakeholder yang ada, terutama dengan dinas UMKM di masing-masing kabupaten/kota. Ini sangat penting artinya untuk kesuksesan RKB di waktu yang akan datang," pinta Seger.

Di samping menyediakan fasilitas dan pembinaan guna peningkatan kualitas produk, RKB juga akan memberikan pendampingan bagi para pelaku, agar produk hasil olahan UKM bisa diterima lebih luas di masyarakat. Salah satu bentuk pendampingan yang diberikan adalah terkait pengurusan izin.

"Kalau misalnya produknya berupa makanan, bisa difasilitasi bagaimana untukt izin dari BPOM atau dinas kesehatan dan sebagainya," katanya.

Hingga saat ini, PTPN III, IV, dan V telah memiliki 9.227 mitra binaan aktif yang terdiri dari 2.918 mitra binaan PTPN III, 3.474 UKM binaan PTPN IV, dan 2.835 UKM mitra binaan PTPN V. Perseroan juga telah menyalurkan dana sekitar Rp508,990 miliar hingga akhir 2017 untuk memfasilitasi para mitra binaan tersebut. Adapun untuk 2018, ketiga perseroan berencana menyalurkan kembali dana sebesar Rp24,244 miliar untuk mendukung para mitra binaan.

Selain meresmikan RKB di empat Kabupaten, acara yang berpusat di Cikampak, Labuhan Batu Selatan ini juga dimanfaatkan untuk menyalurkan bantuan bagi sekitar 175 anak yatim dengan total bantuan senilai Rp52,5 juta yang dilanjut dengan pemberian santunan tali kasih dari Bupati Labuhan Batu Selatan.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya