Lebaran 2018 : BI Malang Gandeng 40 Bank Umum Layani Tukar Uang

Oleh: Choirul Anam 28 Mei 2018 | 14:15 WIB
Lebaran 2018 : BI Malang Gandeng 40 Bank Umum Layani Tukar Uang
Kepala KPw BI Malang Dudi Herawadi (kiri) tengah memeriksa mobil kas keliling bank yang akan memberikan layanan penukaran uang pecahan kecil di Malang dan sekitarnya pada peluncuran layanan tersebut di Malang, Senin (28/5/2018). Bisnis/Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG—Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang menggandeng 40 bank umum dan puluhan BPR dalam memberikan layanan penukaran uang rupiah pecahan kecil baik di outlet-outlet bank, juga lewat layanan mobil kas keliling menyambut libur panjang Idulfitri.

Kepala KPw BI Malang Dudi Herawadi mengatakan ada 14 mobil kas keliling, 13 milik bank umum/syariah dan 1 milik BI, akan memberikan layanan penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat sejak 28 Mei-8 Juni 2018.

“Setiap hari ada 14 mobil kas keliling yang memberikan layanan penukaran pada tempat-tempat yang telah ditetapkan,” ujarnya di sela-sela peluncuran layanan mobil kas keliling penukaran uang rupiah pecahan kecil di halaman KPw BI Malang, Senin (28/5/2018).

Masing-masing mobil kas keliling menyediakan uang keliling Rp740 juta. Untuk memudahkan petugas dan pemerataan layanan, maka maksimum uang yang dapat ditukar sebanyak Rp3,7 juta dengan rincian,

Pecahan Rp20.000 1 pak = Rp 2.000.000

Pecahan Rp10.000 1 pak = Rp 1.000.000

Pecahan Rp5.000 1 pak = Rp 500.000

Pecahan Rp2.000 1 pak = Rp. 200.000

Atas pertimbangan itu pula, maka BI dan bank umum memberikan pembatasan layanan pada satu orang selama masa periode penukaran uang pecahan kecil.

Mereka yang telah selesai menukarkan uang diharuskan mencelupkan jarinya pada tinta yang tidak bisa hilang dalam beberapa hari.

Dengan begitu, maka orang tersebut tidak bisa lagi melakukan penukaran uang pecahan kecil pada 28 Mei-8 Juni.

Kegiatan penukaran uang baik melalui kantor bank yang telah bekerjasama dengan BI maupun melalui kegiatan kas keliling akan dimulai sejak 28 Mei – 8 Juni 2018.

Untuk penukaran uang melalui kas keliling di Kota Malang, akan dipusatkan di lapangan parkir GOR Gajayana (Mall Olympic Garden) mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai serta di halaman balai kota Malang.

Selain itu, layanan kas keliling juga akan dilakukan di beberapa lokasi lainnya seperti Kantor Pos Bangil Pasuruan, Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Masjid Agung Baiturrahman Kepanjen, dan beberapa lokasi pasar murah di wilayah Malang, Batu, dan Pasuruan.

“Selain itu, masyarakat juga dapat menukarkan uang pecahan kecil di 74 titik outlet bank umum dan 46 titik outlet BPR di wilayah kerja Bank Indonesia Malang,” katanya.

Untuk menghadapi Lebaran, KPw BI Malang menyiapkan uang kartal sebanyak Rp3,9 triliun.

Jumlah tersebut naik 14% lebih tinggi dari periode tahun sebelumnya yang sebesar Rp3,5 triliun.

Dana tersebut dipersiapkan baik untuk penarikan secara tunai melalui kantor layanan maupun mesin ATM masing-masing perbankan, serta melalui pelayanan kas keliling kepada masyarakat.

“Kami berharap masyarakat agar menukar uang di tempat-tempat penukaran resmi baik yang dilakukan oleh BI, perbankan maupun pihak lain yang ditunjuk oleh BI untuk menghindari risiko uang palsu dan kemungkinan selisih,” kata Dudi

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya