Anak-anak menunggu waktu berbuka puasa/JIBI-Dwi Prasetya
Health

Bunda dan Ayah, Ini Cara Memotivasi Anak Agar Tetap Semangat Menjalankan Puasa

Newswire
Minggu, 27 Mei 2018 - 07:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memotivasi anak untuk terus bersemangat menjalankan ibadah puasa menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi orang tua. Menurut psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, ada berbagai cara untuk memacu anak tetap semangat menjalankan ibadah puasa.

“Pada anak kecil, motivasi yang datang dari luar diri masih dominan. Perilaku anak bergantung pada hadiah atau konsekuensi yang dia dapatkan," kata Vera Itabiliana. Sebab, anak kecil masih sulit memahami hal yang abstrak dan masih membutuhkan dorongan dari sesuatu konkret.

Namun seiring waktu, dia melanjutkan, ketika anak kian dewasa maka moitivasi dari luar atau ekstrinsik ini harus dihilangkan. Orang tua bisa membantu mengembangkan motivasi intrinsik atau keinginan yang muncul dari dalam diri, agar anak tergerak sendiri untuk melakukan ibadah.

Lantas bagaimana cara supaya anak tergerak melakukan ibadah puasa tanpa iming-iming hadiah? Vera Itabiliana menjelaskan, caranya mudah dan tak perlu keluar biaya. Orang tua mesti membiasakan diri mengucapkan kalimat penyemangat kepada anak.

"Misalnya, 'Wah, anak mama hebat bisa puasa seminggu penuh'," kata Vera Itabiliana. Ucapan seperti ini akan membuat anak bangga pada diri sendiri, menumbuhkan rasa percaya diri, dan mengembangkan sikap positif anak terhadap diri sendiri, sehingga lambat laun akan mengembangkan motivasi intrinsik.

Selain itu, tunjukkan kesan dan pengalaman menyenangkan setelah selesai beribadah bareng anak. Anak yang belajar lewat pengamatan akan menyerap pengalaman menyenangkan setelah beribadah, sehingga lambat laun dia juga ingin mencapai pengalaman yang sama.

"Pengajaran ibadah yang baik untuk anak adalah dengan memberi contoh dan menjadikannya kebiasaan sehari-hari," ucap Vera Itabiliana. Tentu bunda ingat kan, anak adalah peniru ulung yang mudah menyerap dan menerapkan apa yang mereka amati. "Jangan lupa, lakukan semua itu dalam suasana gembira."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro