Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI RAYA GALUNGAN, Dinas Lingkungan Hidup Tambah Kesiapan Personel

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Denpasar menyiapkan sebanyak 45 unit truk untuk mengantisipasi naiknya volume sampah rumah tangga karena perayaan Hari Raya Galungan pada akhir Mei ini.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, DENPASAR—Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Denpasar menyiapkan sebanyak 45 unit truk untuk mengantisipasi naiknya volume sampah rumah tangga karena perayaan Hari Raya Galungan pada akhir Mei ini.

Volume sampah diprediksi mengalami peningkatan hingga 70% dari total 3.200 meter kubik di hari biasa pada saat Galungan dan didominasi sisa upacara serta rumah tangga. Kadis Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Denpasar I Ketut Wisada mengatakan peningkatan itu terjadi karena aktivitas masyarakat juga meningkat.

“Supaya mengantisipasi menumpuknya sampah agar tidak menganggu keindahan kota, DLHK Denpasar telah menyiagakan tenaga kebersihan dan truk pengangkut sampah,” jelasnya, Kamis (24/5/2018).

Menurut Wisada, total tenaga kebersihan yang disiagakan sebanyak 1.000 orang tenaga. Jumlah tersebut meliputi 370 tenaga angkutan, 550 tenaga penyapuan dan 180 tenaga pasukan. Keseluruhan tenaga tersebut nantinya mengatasi penumpukan jumlah sampah di wilayah tugas masing-masing dan tersebar pada 43 desa dan kelurahan di Kota Denpasar.

Dia menegaskan secara umum personil DLHK sudah siap dengan personil . Wisada mengimbau agar masyarakat turut andil dalam memilah sampah utamanya yang dapat didaur ulang agar dapat dimaksimalkan pada bank sampah. Khusus sampah yang tidak dapat di daur ulang agar dibuang sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan swakelola sampah di masing-masing desa.

"Kami imbau masyarakat untuk turut andil dalam menjaga kebersihan saat pelaksanaan Hari Suci Galungan dan Kuningan yang akan datang dengan memilah dan membuang sampah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan guna menghindari penumpukan sampah," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper