BI Sumbar Gelar Pasar Murah di Lima Lokasi

Oleh: Heri Faisal 23 Mei 2018 | 17:30 WIB

Bisnis.com, PADANG—Bank Indonesia menggelar pasar murah di lima lokasi di Sumatra Barat guna membantu menstabilkan harga komoditas pokok selama Ramadan dan Lebaran.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar Endy Dwi Tjahjono mengatakan BI bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar menggelar pasar murah di lima lokasi di daerah itu.

“Kami laksanakan di lima lokasi selama Ramadan. Komoditas yang dijual meliputi bahan pangan strategis penyumbang inflasi di Sumbar, seperti beras, cabai merah, bawang merah, dan yang lainnya,” kata Endy, Rabu (23/5/2018).

Dia mengatakan pasar murah tersebut bakal digelar di Kelurahan Tanah Sirah Piau Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung pada 22-23 Mei 2018, kemudian di depan Mushala Kalawi Kelurahan Ulak Karang Utara Kecamatan Padang Utara pada 24-25 Mei 2018.

Selanjutnya, di halaman parkir Bank Indonesia Sumbar pada 30-31 Mei 2018, di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah pada 30-31 Mei 2018 dan terakhir di Kelurahan Kurao Padang Kecamatan Nanggalo pada 7-8 Juni 2018.

Dia memastikan barang – barang yang dijual di pasar murah tersebut harganya jauh lebih rendah dari harga pasar, sehingga membantu masyarakat kecil untuk memenuhi kebutuhan harian saat Ramadan, sekaligus menstabilkan harga.

Adapun, untuk komoditas yang dijual diambil langsung dari distributor, gabungan kelompok tani, dan Bulog, sehingga harga yang didapatkan juga lebih murah.

Sebelumnya, Pemprov Sumbar juga akan menggelar pasar murah di sejumlah titik di seluruh Sumbar guna menjamin tidak terjadinya kenaikan harga yang signifikan.

“Sudah diagendakan untuk menggelar operasi pasar di berbagai tempat. Harapan kami, dengan begitu harga – harga jadi lebih terkendali,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Selain pemda, dia menyebutkan beberapa BUMN/BUMD dan perusahaan swasta juga akan menggelar pasar murah salam Ramadan untuk membantu menstabilkan harga.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya