Pemprov Jatim Siapkan 208.203 Kursi Mudik Gratis, Ini Rutenya

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan kuota sebanyak 208.203 kursi untuk arus mudik dan balik gratis bagi warga Jatim dalam rangka Idul Fitri 1439 Hijriyah.
Ilustrasi Gubernur Jawa Timur, Soekarwo (kiri) memberangkatkan bus mudik bareng gratis./Antara
Ilustrasi Gubernur Jawa Timur, Soekarwo (kiri) memberangkatkan bus mudik bareng gratis./Antara

Bisnis.com, SURABAYA—Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan kuota sebanyak 208.203 kursi untuk arus mudik dan balik gratis bagi warga Jatim dalam rangka Idul Fitri 1439 Hijriyah.

"Jumlah ini meningkat sekitar 2,7 persen dibandingkan Lebaran 2017 yang mencapai 199.343 orang (kursi)," kata Kepala Dinas Perhubungan Jatim Wahid Wahyudi ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (23/5/2018).

Menurut dia, mudik gratis ini diberikan kepada siapapun yang ingin pulang kampung dengan tujuan ke hampir seluruh wilayah Jatim.

"Ini tradisi dan kegiatan rutin tahunan yang digagas Gubernur Jatim Soekarwo, dan mereka mudik tanpa dipungut biaya sama sekali," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Dinas Perhubungan Jatim, untuk arus mudik dan balik gratis menggunakan bus dengan tujuan paling banyak adalah jurusan Surabaya-Madiun-Ponorogo dengan jumlah bus yang disediakan mencapai 48 unit.

Kemudian, Surabaya-Jember-Banyuwangi 38 bus, Surabaya-Madiun-Pacitan 37 bus, Surabaya-Madiun-Magetan 36 bus, Surabaya-Madiun 35 bus dan Surabaya-Lumajang-Jember 23 bus.

"Jumlah keseluruhan ada 560 bus yang disediakan Pemprov dan nantinya tersebar di beberapa titik untuk pemberangkatan, seperti di Puspa Agro, Kadin Jatim, Maspion, ITS, PWNU, termasuk di Gresik dan Malang," katanya.

Selain itu, kata dia, jika bersama pihak sponsor, total akan ada 733 bus yang siap memberikan layanan mudik dan balik gratis, bahkan jumlahnya belum termasuk dari Pelindo III yang tahun lalu menyediakan 70 bus.

Sementara itu, dari 208.203 orang (kursi) mudik dan balik gratis yang paling banyak adalah kuota untuk angkutan kereta api, yakni mencapai 134.971 penumpang untuk tujuh jurusan.

"Sedangkan, untuk angkutan laut sebanyak 17.000 penumpang dan angkutan jalan 64.900 penumpang dengan 560 bus," kata Pjs Wali Kota Malang tersebut.

Tak hanya itu, lanjut dia, pihaknya juga menyediakan angkutan sepeda motor yang jumlahnya mencapai 400 unit yang diangkut menggunakan 10 truk dengan tujuh daerah tujuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper