Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adira Finance Latih Kompetensi Bisnis & Manajemen Siswa SMK

PT Adira Dinamika Multifinance bekerjasama dengan Kemendikbud melakukan kick off program peningkatan kompetensi bidang keahlian bisnis dan manajemen untuk siswa SMK di 9 wilayah Indonesia.
Siswa SMK merakit sepeda motor. /Bisnis.com
Siswa SMK merakit sepeda motor. /Bisnis.com

Bisnis.com, DENPASAR--PT Adira Dinamika Multifinance bekerjasama dengan Kemendikbud melakukan ‘kick off’ program peningkatan kompetensi bidang keahlian bisnis dan manajemen untuk siswa SMK di 9 wilayah Indonesia.

Kepala Wilayah PT Adira Dinamika Multifinance (Adira Finance) Area Bali dan Nusa Tenggara Surya Almada mengatakan program yang dilaksanakan melalui Divisi Corporate University Adira Finance ini

akan berlangsung selama 3 tahun (2018-2020).

“Program ini fokus untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK jurusan bisnis dan manajemen di bidang industri lembaga pembiayaan, termasuk pembekalan untuk memasuki dunia kerja profesional,” katanya saat mengawali program ini di SMK Negeri 2 Denpasar, Selasa (22/5/2018).

Menurut Almada program peningkatan kompetensi yang telah diluncurkan Februari 2018 lalu merupakan bentuk komitmen Adira Finance untuk memperluas implementasi program ‘corporate social responsiblity’ (CSR) di bidang pendidikan.

Kata dia program itu juga merupakan salah satu perwujudan visi misi Adira Finance untuk turut serta dalam pemberdayaan masyarakat.

Para generasi muda harus memiliki bekal untuk dapat bersaing di dunia kerja, oleh karenanya menjadi tanggung jawab bersama untuk memberikan pendidikan yang baik sesuai dengan kebutuhan.

Almada menjelaskan ini bukan pertama kali diadakan, karena pada 2014 Adira Finance bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan program peningkatan kompetensi di 5 SMK di wilayah tersebut.

Pada tahun ini Adira Finance bersama Kemendikbud memperluas jangkauan wilayah program ke 9 wilayah yakni Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Pontianak, dan Makassar.

Dari Denpasar terpilih SMKN 2 Denpasar serta SMKN 1 Gianyar yang menjadi perwakilan penyelenggaraan program ini. Para siswa akan mendapatkan pembekalan materi yang lebih terintegrasi kurikulumnya yakni sebanyak 16 modul kompetensi yang harus dicapai dalam 36 jam mulai kelas XI.

“Pada awal program ini kami telah melakukan seleksi awal untuk SMK dimana SMK yang terpilih adalah yang memiliki jurusan bisnis dan manajemen. Selanjutnya sinkronisasi bahan pengajaran dengan kurikulum SMK, serta pemberian pelatihan untuk para Guru SMK yang akan tertibat dalam proses pengajaran," lanjut Surya.

Program ini diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat untuk siswa-siswi SMK di antaranya kesempatan magang bagi siswa/siswi kelas XI yang dinyatakan lulus seleksi oleh Adira Finance, memperoleh pembekalan pengetahuan dan soft skill yang dibutuhkan saat bekerja khususnya dalam industri pembiayaan.

Tiga siswa berprestasi dari setiap perwakilan SMK berkesempatan mendapatkan dana bantuan pendidikan bagi tiga siswa berprestasi dari setiap perwakilan SMK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper