Tim SMA 4 Denpasar Menangi Kompetisi Bisnis PJI-Citi di Bali

Oleh: Ema Sukarelawanto 21 Mei 2018 | 16:01 WIB
Tim SMA 4 Denpasar Menangi Kompetisi Bisnis PJI-Citi di Bali
SMA 4 Denpasar

Bisnis.com, DENPASAR—Tim SMA Negeri 4 Denpasar meraih penghargaaan ‘The Best Student Company in Denpasar’ dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2018 yang digelar Prestasi Junior Indonesia bersama Citi Indonesia.

Siswa-siswi SMAN 4 Denpasar yang mendirikan Zeal Student Company ini menyisihkan empat sekolah lain dan akan mewakili Bali untuk bertarung dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company Competition 2018, Agustus mendatang.

Robert Gardiner, Management Advisor Prestasi Junior Indonesia (PJI) yang juga salah satu juri mengatakan tim SMAN 4 Denpasar dinilai piawai dalam mengelola bisnis dan memiliki produk sepatu berbahan karung goni yang inovatif.

“Kompetisi ini mendorong siswa SMA dan SMK untuk menciptakan bisnis dengan keterampilan yang dimiliki pascalulus sekolah,” katanya, Minggu (20/5/2018) petang.

Menurut Robert sebelum kompetisi para siswa diberikan pembinaan melalui program pendidikan aplikais kewirausahaan Perusahaan Siswa (JA Student Company).

Selama 6 bulan siswa secara berkelompok menggagas, mendirikan, dan mengoperasikan sebuah usaha mikro di sekolah. Ide produk, perencanaan strategi bisnis, penjualan produk hingga likuidasi usaha yang mereka lakukan dipresentasikan dalam ajnag kompetisi ini.

Kata Robert para siswa tersebut mendapatkan bimbingan bisnis secara intensif oleh para mentor dari PJI dan prefesional bisnis Citi Indonesia yang tergabung dalam Citi Volunteers. Para pemenang akan mengikuti kompetisi nasional dan juaranya akan dikirim ke kompetisi serupa tingkat Asia Pasifik di Manila, Filipina.

Dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2018 di Denpasar diikuti tim dari SMA Negeri 4, SMA PGRI 2 Denpasar,SMK Negeri 3, SMK Bintang Persada, dan SMK Pariwistaa Harapan.

Acara yang sama juga digelar bergiliran di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Medan.

Kepala Cabang Citibank Denpasar Ketut Alit Suma A mengatakan siap memberikan pendampingan dan konsultasi bagi siswa peserta program ini.

Da berharap kompetisi tidak hanya menghasilkan juara tetapi juga dilanjutkan hingga ide bisnis diwujudkan dalam usaha, produksi, dan pemasaran.

"Yang membanggakan dalam kompetisi kali ini 75% pesertanya adalah perempuan," katanya.

Dea Intan Sari, siswa SMA Negeri 4 Denpasar yang menjadi Presiden Direktur Student Company mengatakan bangga bisa belajar menjadi wirausahawan sukses.

"Saya juga bisa belajar melati disiplin dalam bekerja serta mengelola waktu dan kerja tim dengan baik. Ini menjadi pengalaman berharga dan motivasi bagi saya dan teman-teman," katanya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya