Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ERUPSI FREATIK Merapi Kembali Terjadi, Hujan Abu Mengguyur Balerante

Erupsi freatik di Gunung Merapi kembali terjadi pada Senin (21/5) petang. Pasca erupsi tersebut, hujan abu tipis sempat mengguyur wilayah Desa Balerante, Kecamatan Kemalang.
Gunung Merapi./Antara
Gunung Merapi./Antara

Bisnis.com, KLATEN—Erupsi freatik di Gunung Merapi kembali terjadi pada Senin (21/5) petang. Pasca erupsi tersebut, hujan abu tipis sempat mengguyur wilayah Desa Balerante, Kecamatan Kemalang.

Kaur Perencanaan Desa Balerante, Jainu, mengatakan erupsi freatik terjadi pada Senin petang atau ketika warga yang menjalankan ibadah puasa masih memasuki waktu berbuka atau mendekati pukul 18.00 WIB. Sempat terjadi kepanikan ketika warga berlarian meninggalkan rumah mereka.

"Namun itu hanya sebentar. Warga sudah kembali ke rumah masing-masing dan beraktivitas seperti biasa termasuk menjalankan Salat Tarawih. Tadi juga terdengar suara gemuruh. Namun, tidak lama," kata Jainu saat dihubungi JIBI, Senin malam (21/5/2018).

Jainu menuturkan pascaerupsi freatik hujan abu mengguyur wilayah Balerante. Hujan abu diperkirakan berlangsung sekitar 10 menit. "Hanya hujan abu tipis. Puncak Gunung Merapi juga tidak kelihatan," katanya.

Jainu menjelaskan erupsi freatik yang terjadi pada Senin petang merupakan peristiwa kali ketiga dalam sehari. Soal antisipasi terjadinya erupsi freatik kembali, ia mengatakan saban malam warga menggelar ronda.

"Sejak erupsi freatik pada Jumat [11/5], warga kami sudah rutin gelar ronda setiap malam terutama sampai memasuki waktu saur atau menjelang subuh," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Solopos

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper