PERKEBUNAN TEBU : Luas Tanam di Probolinggo Menyusut

Oleh: Antara 21 Mei 2018 | 02:00 WIB
Ilustrasi: Buruh perkebunan tebu beraktivitas dengan latar belakang Gunung Raung di Desa Sumber Arum, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (11/7). Meskipun Gunung Raung berstatus Siaga, petani tebu di daerah tersebut masih melakukan aktivitas seperti biasa karena masih berada di jarak aman yang di tetapkan yaitu 3 kilometer dari puncak gunung. /ANTARA

PROBOLINGGO — Luas areal tanam tebu di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur semakin menurun sehingga pemerintah kabupaten mencari berbagai solusi untuk meningkatkan luas tanam agar tercapai swasembada gula.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Probolinggo mengatakan bahwa ada beberapa permasalahan mendasar yang dihadapi oleh para petani penggarap lahan tebu, antara lain ketersediaan bibit tanaman, ketersediaan pupuk bersubsidi, kredit pertanian, dan tata niaga gula.

Berbagai kendala tersebut menyebabkan petani tebu di Kabupaten Probolinggo menjadi enggan menggarap lahan pertanian tebu mereka dan beralih pada produksi pertanian nontebu yang lebih menguntungkan.

"Luasan areal tebu selama 5 tahun terakhir terus mengalami penurunan karena berbagai kendala yang dihadapi petani," ujarnya, Minggu (20/5).

Penurunan luas area tebu dan produksi gula disebabkan oleh animo masyarakat beralih pada komoditas lain.

Selain itu, faktor persaingan yang membuat beberapa pabrik gula melakukan merger bahkan gulung tikar sehingga kini masih terdapat tiga pabrik gula (PG) yang bertahan di Kabupaten Probolinggo yaitu PG Pajarakan, PG Wonolangan, dan PG Gending.

Sebagai upaya untuk mempertahankan ketiga pabrik gula tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Wahid Nurahman berharap supaya pemerintah daerah melakukan pembahasan bersama mencari solusi terbaik.

"Ada beberapa hal mendesak untuk segera dibahas di antaranya efisiensi dan penataan manajemen PG, bahan baku dengan ketersediaan terus menurun dan turun minat masyarakat untuk menanam tebu," katanya. (Antara)

Editor: Zufrizal

Berita Terkini Lainnya