Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ROYAL WEDDING: Pangeran Harry & Meghan Markle Sah Sebagai Suami Istri

Pangeran Harry menikahi aktris Amerika Serikat Meghan Markle pada hari ini, Sabtu (19/5/2018) dalam upacara mewah, yang menyatukan kemegahan bangsawan Inggris dengan gemerlap Hollywood.
Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi sebagai suami dan istri./.Reuters
Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi sebagai suami dan istri./.Reuters
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA- Pangeran Harry menikahi aktris Amerika Serikat Meghan Markle pada hari ini, Sabtu (19/5/2018) dalam upacara mewah, yang menyatukan kemegahan bangsawan Inggris dengan gemerlap Hollywood.

Ratusan juta orang di seluruh dunia diperkirakan menyaksikan pernikahan cucu Ratu Elizabeth itu dengan bintang film  drama televisi Suits di kapel abad ke-15 St George di istana Windsor.

Lebih dari 100.000 penggemar diperkirakan menjejali jalan sempit di kota sekitar 30 kilometer barat London itu, yang didominasi kastil berpenghuni tertua dan terbesar di dunia, rumah bagi 39 raja Inggris sejak 1066.

"Aku suka semua yang berkaitan dengan kerajaan, semua keramaiannya, upacara, arak-arakan dengan kereta kuda. "Ini akan menjadi acara menakjubkan ," kata Jane Tofolo, 50, warga Inggris seperi dikutip Antara, Sabtu (19/5/2018).

Harry yang kini berusia 33 tahun  berada di urutan keenam ke tahta Inggris. Markle yang berumur 36 tahun  adalah seorang janda yang ibunya seorang keturunan Afrika-Amerika dan ayahnya berkulit putih.

Bagi banyak orang, pernikahan adalah dongeng. Untuk beberapa warga kulit hitam Inggris, hal tersebut menggambarkan berakhirnya hambatan di Inggris modern.

Bagi yang lain, hal tersebut tidak berkaitan dengan mereka. Jajak pendapat telah menyarankan bahwa sebagian besar warga Inggris tidak akan repot-repot menyetel televisinya untuk menonton acara tersebut.

Upacara yang akan berlangsung satu jam dimulai pada 18.00 WIB, dengan prakiraan cuaca cerah.

Pengantin wanita akan tiba di gereja bersama ibunya, Doria Ragland, 61, yang menghabiskan Jumat malam bersama dirinya di hotel mewah. Harry menginap di hotel lain dengan kakak laki-laki dan pendamping pengantin pria, Pangeran William, yang putri dan putranya, Charlotte dan George, akan berada di antara pengiring pengantin.

Ayah Harry dan pewaris takhta Pangeran Charles akan menemani calon menantu perempuannya di altar setelah ayah Markle tidak menghadiri pernikahan karena sakit.

Thomas Markle, ayah Meghan yang kini berusia 73 tahun merupakan sutradara pencahayaan untuk opera sabun televisi dan komedi situasi, mengatakan kepada laman pesohor AS TMZ bahwa dia telah menjalani operasi jantung pada Rabu. Kebingungan atas kehadirannya merusak tradisi pernikahan, yang telah disusun dengan hati-hati selama berbulan-bulan oleh para penasihat kerajaan.

Pada Jumat, Ragland bertemu ratu berusia 92 tahun dan suaminya Pangeran Philip, 96, yang akan menjadi salah satu bangsawan senior di perkumpulan yang beranggotakan 600 orang, yang juga akan mencakup segelintir selebriti, termasuk rekan Markle sesama pemeran "Suit".

Pernikahan tersebut akan dipimpin Dekan Windsor bersama Justin Welby, Uskup Agung Canterbury, dan pemimpin kerohanian Gereja Anglikan, yang menjadi saksi janji pernikahan itu. Uskup kulit hitam AS, Michael Bruce Curry, akan memberikan amanat pernikahan.

Bagaimana suasana kemeriahan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, ikuti secara live.

19:22 WIB
Pangeran Harry & Meghan Markle Menyapa Warga Setelah Sah Menjadi Suami Istri

Pangeran Harry dan Meghan Markle meninggalkan Kapel St George di Kastil Windsor setelah pernikahan mereka. Sabtu 19 Mei 2018./.Reuters- Andrew Matthews

 

 

19:18 WIB
Pernikahan Pangeran Harry & Meghan Markle

Duke of Cambridge, Duchess of Cambridge dan Duke of York saat menghadiri upacara pernikahan  Pangeran Harry dan Meghan Markle di St George's Chapel, Windsor Castle di Windsor, Inggris, 19 Mei 2018. /.Reuters- Jonathan Brady 

 

19:13 WIB
Busana Pengantin Meghan Markle

Tampilan busana pengantin Meghan Markle./.Reuters

 

18:46 WIB
Sah sebagai Suami Istri

Sah sebagai suami dan istri

18:39 WIB
Berikut Rincian Busana Pengantin Meghan Markle

Aktris Amerika Meghan Markle mengenakan gaun ramping oleh desainer Inggris Clare Waight Keller untuk pernikahannya dengan Pangeran Harry pada hari Sabtu, kata Istana Kensington.

Gaun lengan panjang dengan leher perahu telah diantisipasi oleh penggemar kerajaan di seluruh dunia selama berbulan-bulan, dengan spekulasi di mana desainer akan memiliki peran yang didambakan untuk membuat rok itu.

Waight Keller, yang menjadi direktur artistik wanita pertama di brand fashion terkenal Prancis Givenchy tahun lalu, bertemu Markle pada awal 2018, kata Istana Kensington.

"Fokus gaun adalah garis leher bateau terbuka yang dengan anggun membingkai pundak dan menekankan pinggang yang ramping," kata istana dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters, Sabtu (19/5/2018)..

"Garis-garis gaun itu melebar ke arah belakang tempat kereta api mengalir dalam lipatan-lipatan bundar yang empuk yang ditopang oleh underskirt dalam sutra tiga organza. Lengan tiga perempat yang ramping menambahkan nada modernitas halus."

 

 

 

18:30 WIB
Siap Ucapkan Ikrar Janji pernikahan

Saat mengucapkan janji suci pernikahan./.Reuters

 

18:26 WIB
Siap Ucapkan Ikrar Janji pernikahan

Pangeran Harry dan Meghan Markle siap ucapkan janji setia pernikahan

Reuters

 

 

18:19 WIB
Cantiknya Meghan Markle dalam Balutan Busana Pengantin

Meghan Markle dalam balutan busana pengantin,/Reuters

 

18:13 WIB
Harry & Meghan Siap Ucapkan Janji Suci Pernikahan

Meghan Markle terus mengembangkan senyumnya,  saat  dia dan Pangeran Harry siap mengucapkan janji suci pernikahan

18:12 WIB
Meghan Markle Kenakan gaun pengantin Karya Desainer Inggris Clare Waight Keller

Aktris Amerika Meghan Markle mengenakan gaun oleh perancang Inggris Clare Waight Keller untuk pernikahannya dengan Pangeran Harry pada Sabtu, kata Istana Kensington.

Gaun lengan panjang dengan leher perahu telah diantisipasi oleh penggemar kerajaan di seluruh dunia selama berbulan-bulan.

Waight Keller menjadi direktur artistik wanita pertama di brand fashion ternama asal Prancis, Givenchy, tahun lalu, seperti dikuti Reuters.

 

18:05 WIB
Pangeran Harry & Meghan Markle Siap Menerima Pemberkatan Nikah

Pangeran Harry (kanan), ddan meghan  siap menerima pemberkatan nikahi

 

17:59 WIB
Begini Tampilan Sang Calon Pengantin, Pangeran Harry

Begini tampilan Pangeran Harry

 

 

Pangeran Harry (kiri) berjalan  Duke of Cambridge, ketika ia tiba di Kapel St George di Kastil Windsor untuk pernikahannya dengan Meghan Markle. Sabtu 19 Mei 2018./Reuters-Gareth Fuller

 

 

 

17:55 WIB
Begini Mobil yang Ditumpangi Meghan Markle

Begini tampilan mobil yang ditumpangi Meghan Markle dalam balutan busana pengantin menuju tempat pemberkatan nikah pada hari ini.

 

Meghan Markle bersama ibunya, Doria Ragland, dalam perjalanan untuk pernikahannya dengan  Pangeran Harry Inggris, di Taplow, Inggris, 19 Mei 2018./Reuters-Darren Staples

 

17:44 WIB
Meghan Ditemani Sang Ibu Dalam Mobil menuju St George\'s Chapel

Meghan Markle meninggalkan Cliveden House Hotel, untuk pernikahannya di St George's Chapel di Windsor Castl di Taplow, Inggris, 19 Mei 2018./Reuters-Darren Staples

 

 

Markle ditemani sang ibu menuju gereja untuk pemberkatan nikah dengan pangeran Harry./.Reuters

 

 

17:35 WIB
Begini Penampilan Meghan Markle

Begini tampilan Meghan markle

 

 

Meghan Markle meninggalkan Cliveden House Hotel, untuk pernikahannya di St George's Chapel di Windsor Castle ke Prince Harry di Taplow, Inggris, 19 Mei 2018./Reuters -Darren Staples

 

 

17:21 WIB
Mawar Putih Favorit Putri Diana Hiasi Pintu Kapel St George

Mawar putih yang menjadi  bunga favorit ibu Pangeran Harry, almarhum Putri Diana dirangkai melengkung di atas pintu barat Kapel St George, tempat  sang pangeran  akan menikahi aktris Amerika Meghan Markle pada hari ini.

London florist Philippa Craddock menggunakan mawar, peony dan foxgloves

Banyak bunga yang sama memenuhi Taman Putih di Istana Kensington, yang ditanam untuk mengenang Diana, mendiang Puteri Wales.

Situs web istana mengemukakan mawar putih taman sebagai "favorit sang Putri".

Banyak bunga pernikahan akan ditanam kembali di Kensington Gardens setelah pernikahan, kata para pejabat kerajaan, seperti dikutip Reuters.

 

 

Bunga dan dedaunan mengelilingi pintu barat St George's Chapel di Windsor Castle untuk pernikahan Pangeran Harry ke Meghan Markle. 19 Mei 2018./Reuters-Danny Lawson

 

 

17:02 WIB
Priyanka Chopra Tiba

Akttris Priyanka Chopra tiba di Kastel Windsor, seperti dikutip  Reuters.

 

 

 

16:51 WIB
Oprah, Clooney, David Beckham dan Victoria Sudah Tiba di Kastel Windsor

Sejumlah selebriti  akan menjadi tamu undangan  pada pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markel yang digelar hari ini.

Reuters menyebutkan selain Oprah Winfrey, ada George Clooney yang juga sudah tiba di di Kastel Windsor kuno Inggris pada Sabtu untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Selebriti lainnya bintang sepak bola David Beckham dan istrinya, perancang busana Victoria juga sudah tiba.

 

David dan Victoria Beckham tiba di Kastel Windsor tempat pernikahan Pangeran Inggris Harry dan Meghan Markle./.Reuters-Toby Melville 

 

 

 

 

16:47 WIB
Pangeran Harry Menuju Tempat Mengucapkan Ikrar Pernikahan

Pangeran Harry, seperti dilaporkan Metro YV pada Pk. 16.45 WIB meninggalkan hotel tempatnya menginap ke tempat dirinya akan  mengucapkan ikrar suci pernikahan dengan Meghan Markel

16:28 WIB
Harry & Markle akan Berkeliling dengan Kereta Kuda

Pangeran Harry dan  Meghan Markle akan mengucapkan janji suci pernikahan mereka di Kapel St George di Kastil Windsor pada siang hari waktu setempat.

Berikut rundown acara pernikahan Harry-Meghan sesuai dengan waktu setempat seperti yang dilansir Bisnis dari BBC.

08:00: Para pengunjung atau penggemar Harry-Meghan akan mulai diperbolehkan untuk mengambil tempat di sekeliling Windsor untuk melihat para tamu undangan yang hadir.

09:30: Para tamu undangan pernikahan dijadwalkan untuk hadir, dan nantinya pada pukul 11.15 mereka diharuskan duduk di tempat yang telah disediakan di Kapel St George.

12:00: Prosesi pernikahan, kedua pasangan yang berbahagia akan mengucapkan sumpah pernikahan mereka. Dan mengikuti yang mendiang Ibunda Harry lakukan saat menikah dengan Pangeran Charles, kata-kata 'Obey' dalam sumpah pernikahan mereka akan dihilangkan.

13:00: Resmi menjadi suami istri, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan melakukan prosesi berkeliling menggunakan kereta kuda didampingi para prajurit untuk menyapa rakyat dan media yang sudah menunggu untuk ikut merayakan pernikahan mereka di luar Kastil Windsor. Prosesi berkeliling ini diprediksi hanya akan berlangsung selama 25 menit.

Selama Harry dan Meghan berkeliling, 600 tamu undangan akan dijamu dengan makan siang yang sudah disiapkan para chef dari dapur Kastil Windsor di Hall St George bersama dengan Ratu Elizabeth.

Sore Hari: Pangeran Charles menggelar resepsi pribadi di Frogmore House untuk merayakan pernikahan anaknya, dengan mengundang 200 orang yang terdiri dari teman dan keluarga kedua mempelai ini.

Yang perlu Anda perhatikan, perbedaan waktu Indonesia dan Inggris adalah 6 jam, Anda yang tinggal di Jakarta, pukul 08.00 pagi di Inggris berarti pukul 14.00 WIB.

 

 

Philip Barnard-Brown, Pelatih Senior di Istana Buckingham Mews, memimpin Windsor Grey, salah satu dari empat kuda yang akan menarik kereta di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, melewati kereta Ascot Landau, di Royal Mews di Buckingham Istana, London./Reuters-Victoria Jones / Pool

16:18 WIB
Warga Berkumpul di Luar Istana Windsor menjelang pernikahan Pangeran Harry

Masyarakat Inggris tak sabar ingin melihat kemegahan pernikahan Pangerah Harry dan pujaan hatinu.

Boothbys termasuk di antara ribuan simpatisan yang naik kereta api dari London dalam perjalanan ke Windsor untuk menyaksikan pernikahan Pangeran Harry dan aktris AS Megan Markle.

Memakai gaun Union Jack, Boothby mengatakan dia turun dari Boston di Inggris tengah malam sebelumnya dan bangun jam 4 pagi untuk mendapatkan kereta awal ke Windsor untuk menyaksikan perayaan.

"Ini adalah kesempatan magis dan berada di sini akan menciptakan kenangan yang akan bertahan selamanya," katanya seperti dikutip Reuters, Sabtu (19/5/2018).

Dia mengemukakan perhelatan hari ini merupakan pernikahan istimewa, karena Meghan datang mengubah keluarga kerajaan dengan menjadi lebih modern dan membawa gayanya sendiri.

Di Waterloo, stasiun kereta tersibuk di Inggris, petugas kereta api menggandakan jumlah kereta ke Windsor dan menambahkan gerbong untuk mengakomodasi orang banyak.

Orang-orang dari semua lapisan kehidupan Inggris naik kereta, dan banyak yang membawa bendera, memakai topeng dengan wajah anggota keluarga kerajaan, dan olahraga warna patriotik merah, putih dan biru.

Seorang pria di kereta yang menawarkan bendera dengan wajah Harry dan Meghan seharga 3 pound  taua sekitar US$ 4 dan dia telah menjual lebih dari 50 dalam satu jam terakhir.

 

 

Warga berkumpul di luar Istana Windsor menjelang pernikahan Pangeran Harry dari Inggris ke Meghan Markle di Windsor, Inggris, 19 Mei 2018/.Reuters-Hannah McKay 

 

 

16:07 WIB
Oprah Winfrey, Selebriti Pertama Tiba di Acara Pernikahan Pangeran Harry & Meghan Markle

Oprah Winfrey menjadi salah satu tamu dari kalangan selebriti pertama yang tiba di pesta pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle Inggris yang digelar hari ini.

Sejumlah bintang diharapkan untuk menghadiri pernikahan di kota Windsor, Inggris, seperti dikutip Reuters sore ini WIB.

Oprah tampak mengenakan busana warna pink dengan topi lebar warna putih.

 

Oprah Winfrey tiba di Kapel St George di Kastil Windsor tempat digeralranya  pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry di Windsor, Inggris. 19 Mei 2018./Reuters

 

 


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper