Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina MOR II Sumsel Antisipasi Kenaikan Permintaan Elpiji

Pertamina Marketing Operation II Sumatra Bagian Selatan siap menjaga layanan dan distribusi elpiji untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Provinsi Jambi selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1439 Hijriah.
Ilustrasi./JIBI-Nurul Hidayat
Ilustrasi./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAMBI—Pertamina Marketing Operation II Sumatra Bagian Selatan siap menjaga layanan dan distribusi elpiji untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Provinsi Jambi selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Peningkatan konsumsi elpiji biasanya terjadi mendekati Hari Raya Idul Fitri sehingga kami sudah akan meningkatkan penyaluran gas elpiji berbagai varian sebagai antisipasi meningkatnya konsumsi masyarakat," kata General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel Erwin Hiswanto di Jambi, Kamis (17/5/2018).

Di wilayah Provinsi Jambi, penyaluran varian gas elpiji tiga kilogram pada Juni 2018 diperkirakan tidak terdapat peningkatan yang signifikan, sedangkan untuk penyaluran elpiji 12 kilogram berkurang sekitar 4.97 persen jika dibandingkan dengan penyaluran pada Mei.

Pertamina MOR II Sumbagsel juga telah mempersiapkan lembaga penyalurannya.

Di wilayah Jambi, kata Erwin, terdapat 40 agen elpiji tiga kilogram, 401 pangkalan elpiji tiga kilogram yang siaga dan 13 agen elpiji 12 kilogram.

"Kami sudah menyiapkan proyeksi penyaluran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dan untuk memantau peningkatan dan kebutuhan energi selama puasa dan Lebaran kami juga akan menyiapkan Tim Satuan Penugasan (Satgas) sejak H-15 hingga H+15 Lebaran demi kenyamanan masyarakat," katanya.

Secara keseluruhan di wilayah kerja Pertamina MOR II Sumbagsel itu, pihaknya juga memprediksi adanya peningkatan penggunaan gas elpiji selama Ramadhan dan Idul Fitri.

Prediksi peningkatan konsumsi elpiji tiga kilogram itu diperkirakan mencapai 11 persen, sehingga untuk mengantisipasi rencana penyaluran elpiji tiga kilogram di wilayah Sumbagsel pada Juni diperkirakan naik hingga 3,6 persen dari penyaluran pada Mei.

Untuk elpiji 12 kilogram, rencana penyaluran pada Juni 2018 diperkirakan menurun lima persen dibandingkan dengan penyaluran selama Mei yang diakibatkan oleh libur Lebaran.

Namun demikian, Pertamina tetap menyiapkan rencana penyaluran elpiji 12 kilogram tersebut 3.526 MT serta varian Bright Gas 5,5 kilogram 347 MT dan Bright Gas 12 kilogram 721 MT untuk periode H-15 dan H+15 Lebaran 2018.

Di samping itu, Erwin berharap seluruh inovasi pelayanan dan distribusi kebutuhan energi yang dilakukan oleh Pertamina dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan serta memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri.

"Dengan terjaganya ketahanan energi tersebut, sehingga masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dan merayakan Lebaran dengan nyaman dan tenang," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper