Penangkapan Terduga Teroris : Densus 88 Amankan 3 Pria dan 1 Wanita di Tangerang

Oleh: Sholahuddin Al Ayyubi 16 Mei 2018 | 18:49 WIB
Setyo Wasisto/Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA--Aparat Kepolisian RI melakukan penyisiran dan penangkapan terduga teroris terkait serangkaian teror di Tanah Air.

Hari ini Densus 88 menangkap tiga orang terduga teroris kelompok Jamaah Ansharut Daullah (JAD) Jakarta berinisial MC, G dan A serta satu orang wanita yang identitasnya masih dirahasiakan untuk dimintai keterangan oleh tim penyidik.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto menjelaskan ketiga terduga teroris itu diamankan pada satu lokasi yang sama yaitu di Toko Duta Konvensi Jalan Gempol Raya Rt 04/Rw 02, Pinang Kunciran, Tangerang Banten, Rabu (16/5/2018) pukul 12.40 WIB.

Setyo juga menjelaskan para terduga teroris itu telah melakukan Idad dan pelatihan semi militer di Sukabumi dalam rangka amaliyah pada sejumlah Mako Brimob dan pos polisi di wilayah Bogor, Bandung dan Jakarta.

"Jadi hasil pengembangan terakhir kami, ada 3 orang yang sudah ditangkap dan satu lagi adalah seorang perempuan telah diamankan hanya untuk dimintai keterangan," tutur Setyo, Rabu (16/5/2018).

Menurut Setyo, dari TKP pertama, Kepolisian langsung melakukan pengembangan ke dua TKP berikutnya yaitu di Jalan Duta Bintoro dan Jalan Kunciran Mas Permai. Namun, Densus 88 tidak menemukan apapun dari dua TKP tersebut.

"Kami juga sudah melakukan sterilisasi pada beberapa TKP yang sudah kami datangi. Para teroris ini merupakan kelompok JAD Jakarta," kata Setyo.

Menurutnya, Kepolisian telah mengamankan sejumlah barang bukti yang akan digunakan pelaku untuk melakukan penyerangan seperti bom rakitan, senjata berupa panah yang pada bagian ujung dilengkapi bom, ponsel pintar, 1 unit sepeda motor, dan buku diary.

"Semua barang bukti dan pelaku sudah kami amankan untuk diperiksa lebih lanjut," ujar Setyo.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya