Penyerang Mapolda Riau Berasal dari NII Pro-ISIS

Oleh: Sholahuddin Al Ayyubi 16 Mei 2018 | 18:38 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto/Antara-Hafidz Mubarak

Bisnis.com, JAKARTA--Mabes Polri memastikan kelompok teroris yang melakukan penyerangan terhadap Mapolda Riau berasal dari jaringan teroris NII atau Negara Islam Indonesia yang pro kepada kelompok teroris global ISIS.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto mengakui pihaknya sudah melakukan penyelidikan terhadap satu orang yang telah diamankan petugas di Mapolda Riau. Menurut Setyo, dari hasil penyelidikan sementara telah diketahui keempat orang terduga teroris yang menyerang Mapolda Riau berasal dari teroris kelompok NII yang berafiliasi sangat dekat dengan ISIS global.

"Jadi berdasarkan hasil penyelidikan kami, kelompok ini berasal dari jaringan teroris NII yang berafiliasi dengan ISIS," tuturnya, Rabu (16/5/2018).

Sebelumnya Setyo menyebutkan bahwa keempat orang terduga teroris yang tewas karena ditembak anggota Polri itu berasal dari kelompok teroris Jamaah Ansharut Daullah (JAD). Nyatanya, setelah dialami keempatnya ternyata anggota kelompok NII.

Dia menjelaskan pelaku yang diketahui ada 5 orang di dalam sebuah mobil itu menyerang sejumlah petugas Polri hingga menyebabkan 2 orang anggota Polri terluka.

Sementara itu, akibat serangan tersebut menurut Setyo, Polri terpaksa menembak mati empat pelaku, sedangkan 1 orang teroris telah diamankan. Pelaku berupaya melarikan diri menggunakan mobil dan menabrak petugas hingga tewas. Selain petugas, dua jurnalis televisi juga tertabrak mobil pelaku.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya