Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Stop Sampah Plastik Digaungkan di Tol Tangerang-Merak

Berkaitan Hari Bumi 2018, PT Marga Mandalasakti yang kini memiliki brand name ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak (ASTRA Tol Tangerang-Merak) mengadakan penyuluhan pentingnya pengelolaan sampah di KM 81 Desa Pegadingan Ruas Tol Tangerang-Merak.

Bisnis.com, JAKARTA - Berkaitan Hari Bumi 2018, PT Marga Mandalasakti yang kini memiliki brand name ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak (ASTRA Tol Tangerang-Merak) mengadakan penyuluhan pentingnya pengelolaan sampah di KM 81 Desa Pegadingan Ruas Tol Tangerang-Merak.

Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kepedulian masyarakat terkait pentingnya memelihara lingkungan yang asri bebas dari polusi sampah.

Bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten dan Kabupaten Serang, ASTRA Tol Tangerang-Merak mengedukasi masyarakat bagaimana cara memilah dan mengolah sampah berdasarkan jenisnya melalui workshop pengelolaan sampah anorganik yang dihadiri oleh 50 peserta dari Desa Pegadingan, Desa Pelamunan dan Desa Kramatwatu Kabupaten Serang, Banten.

Dalam penyuluhan tersebut disampaikan juga mengenai bahaya polusi yang ditimbulkan oleh sampah plastik. Melalui kegiatan tersebut ASTRA Tol Tangerang-Merak mengkampanyekan untuk mengurangi penggunaan plastik dan membiasakan untuk memilah sampah agar proses pengolahan limbah plastik menjadi lebih mudah untuk didaur ulang.

“Kami melihat di beberapa Desa yang berada di Ruas Tol Tangerang-Merak masih kurang peduli terhadap lingkungan sekitar. Banyaknya tumpukan sampah selain menjadi penyebab berbagai penyakit, juga sampah yang berasal dari limbah plastik berbahaya karena mengandung zat kimia yang dapat merusak tanah dan sampah plastik juga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa diuraikan. Diharapkan dengan adanya workshop ini masyarakat lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Rury Purwantoko Manajer Departemen Environment, Social & Responsibility PT Marga Mandalasakti dalam siaran persnya.

Dalam kesempatan ini pula ASTRA Tol Tangerang-Merak menggandeng kelompok pengrajin yang telah bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan ASTRA Michael D. Ruslim (YPA MDR) dalam mendaur ulang sampah menjadi barang-barang yang bermanfaat serta berdaya guna dan bernilai ekonomis.

“Adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat melihat bahwa sampah plastik yang dihasilkan ternyata dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk kreasi yang bermanfaat dan mempunyai nilai jual,” tambah Rury.

Melanjutkan kampanye stop polusi sampah, di hari yang sama ASTRA Tol Tangerang-Merak bersama masyarakat Desa Pegadingan, Desa Kramatwatu, Desa Pelamunan serta Pemuda Karang Taruna setempat yang berbatasan langsung dengan Jalan Tol Tangerang-Merak melakukan aksi penanaman pohon dan kerja bakti membersihkan sampah yang berada di right of way (ROW) KM 81 arah Jakarta Ruas Tol Tangerang-Merak. Diharapkan kegiatan ini mampu menstimulus warga sekitar untuk berkelanjutan menjaga lingkungan.

ASTRA Tol Tangerang-Merak yang merupakan bagian dari Grup Astra senantiasa menerapkan sistem green company, yang diwujudkan baik di lingkungan kantor maupun di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak. Melengkapi peringatan hari bumi ASTRA Tol Tamer yang dikenal sebagai jalan tol yang mengutamakan keindahan dan penghijauan, memberikan ratusan pohon kepada masyarakat yang terlibat dalam kegiatan. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen dalam menjaga keindahan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper