Pasar Otomotif Jateng Diklaim Masih Terus Tumbuh

Oleh: Yustinus Andri DP 13 Mei 2018 | 20:19 WIB

Bisnis.com, SEMARANG—Pasar konsumen kendaraan roda empat di Jawa Tengah diklaim terus tumbuh, kendati pemain di kawasan tersebut terus bertambah.

Marketing Director Nasmoco Group Hartono Dinata mengatakan, hal itu terbukti dari masih terus tumbuhnya penjualan mobil agen tunggal pemegang merek Toyota untuk wilayah Jateng & DIY tersebut. Menurutnya, penjualan mobil sepanjang kuartal I/2018 mencapai 2.400 per bulan.

“Penjualan produk seperti Rush masih terus tumbuh, begitu pula di segmen low MPV seperti Agya dan Calya. Bahkan, penjualan produk Avanza masih terus tumbuh, kendati banyak kompetitor yang masuk di Jateng,” katanya, Minggu (13/5).

Berdasarkan catatan yang dimlikinya jenis kendaraan yang paling diminati adalah Avanza yang mengalami pertumbuhan 42% dan Calya sebesar 22%.

Menurutnya, stabilnya pertumbuhan penjualan tersebut dikarenakan terus berkembangnya pangsa pasar konsumen mobil di Jateng. Adapun, Nasmoco menargetkan penjualan sebanyak 30.000 unit kendaraan sepanjang tahun ini.

Daerah seperti Kota dan Kabupaten Semarang, Kota Surakarta dan Provinsi DIY masih menjadi pasar terbesar penjualan produk Toyota.

Kendati demikian, pihaknya masih akan terus melakukan kajian pengembangan daerah-daerah baru untuk digenjot penjualannya.

Pada tahun lalu, Nasmoco telah telah membuka sejumlah diler baru, yaitu di Purbalingga dan Demak yang selama ini bukan menjadi pasar utama penjualan kendaraan roda empat.

Hartono memperkirakan, penjualan akan semakin meningkat ketika mendekati momentum Lebaran 2018. Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, penjualan akan meningkat pada rentang 15%-20% sepanjang Lebaran.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya