Luncurkan Benih Jagung Hibrida, DowDuPont Targetkan Pangsa Pasar 31,5%

Oleh: Peni Widarti 08 Mei 2018 | 06:58 WIB
Luncurkan Benih Jagung Hibrida, DowDuPont Targetkan Pangsa Pasar 31,5%
Country Manager Corteva Agriscience Benny Sugiharto (paling kanan) dalam peluncuran benih jagung hibrida P36 Bekisar di Surabaya, Senin (7/5)./Bisnis-Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA -- Corteva Agriscience, Divisi Pertanian dari DowDuPont, menargetkan bisa menguasai pangsa pasar benih jagung hibrida hingga 31,5% tahun ini seiring dengan diluncurkannya produk benih hibrida P36 Bekisar.

Country Manager Corteva Agriscience Benny Sugiharto mengatakan saat ini DowDuPont masih menguasai pasar sebesar 30%, yang merupakan segmen menengah ke atas.

"Kami berharap kehadiran benih jagung hibrida P36 Bekisar ini bisa menggenjot penjualan DowDuPont terutama pasar benih jagung hibrida," ujarnya saat peluncuran P36 Bekisar, Senin (7/5/2018).

Benny menuturkan DowDuPont optimistis terhadap produk benih hibrida tersebut lantaran P36 Bekisar memiliki potensi hasil jagung mencapai 13 metrik ton/hektare (ha). Selain itu, benih tersebut juga dapat ditanam pada populasi rapat hingga 100.000 tanaman/ha.

"Dengan Iuasan Iahan yang sama, petani dapat menambah populasi tanaman yang pada akhirnya meningkatkan potensi hasil sampai dengan 15%. Tentu haI ini akan menguntungkan petani dengan adanya tambahan keuntungan dari Iahan yang tetap sama," jelasnya.

Adapun total luas lahan jagung hibrida secara nasional mencapai 4 juta ha dan 1,2 juta ha di antaranya berada di Jawa Timur. Perkembangan budidaya jagung yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir ini juga didorong oleh kebijakan pemerintah yang menempatkan komoditas jagung sebagai bahan pangan strategis melalui program Upaya Khusus Padi, Jagung, KedeIai (UPSUS Pajale).

"Dengan adanya program pemerintah tersebut, kami optimistis penjualan benih jagung hibrida akan tumbuh bahkan sampai 50% dalam 5 tahun ke depan," lanjut Benny.

Adapun Benih P36 Bekisar telah melengkapi produk DowDupont lainnya yang sudah ada di pasaran, seperti P27, P32 dan P35.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya