PRODUKSI KERETA API : Inka Tambah Pabrik di Banyuwangi

Oleh: Dewi Aminatuz Zuhriyah 08 Mei 2018 | 02:00 WIB
Pekerja mengerjakan produksi kereta Light Rail Transit (LRT) di pabrik kereta PT Inka Madiun, Jawa Timur, Senin (7/5/2018)./ANTARA-Siswowidodo

BANYUWANGI—Inka akan memulai pembangunan pabrik di Banyuwangi pada Agustus. Pengerjaan proses produksi diperkirakan memakan waktu selama 1 tahun.

Direktur Keuangan dan SDM PT. Industri Kereta Api (Persero) Mohamad Nur Sodiq mengatakan pabrik yang akan mengerjakan kereta pesanan ekspor ini diharapkan dapat beroperasi pada Agustus 2019.

"Saat ini masih proses beberapa hal teknis sebelum groundbreaking. Ada persiapan lahan yang sedang dituntaskan di Kementerian BUMN karena melibatkan kawasan milik BUMN lain, yaitu PT Perkebunan Nusantara," ujar Sodiq, setelah pertemuan dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (7/5), seperti dikutip Antara.

Pabrik Inka di Banyuwangi akan berdiri di atas lahan seluas 72 hektare. Perusahaan juga telah memilih fasilitas produksi di Madiun. "Kami memilih Banyuwangi karena akan sangat efisien. Aksesibilitasnya bagus, jaringan laut juga ada," katanya.

Pada tahun ini, Inka tengah memproses pesanan dari beberapa negara di Asia, termasuk 250 gerbong kereta untuk Bangladesh, kereta rel diesel senilai Rp127,3 miliar untuk Filipina, dan order kereta untuk Srilanka senilai Rp400 miliar.

Pabrik di Madiun saat ini memiliki kapasitas produksi dua gerbong kereta per hari. Penambahan pabrik di Banyuwangi akan meningkatkan kapasitas produksi perusahaan menjadi empat gerbong kereta per hari.

Sodiq memproyeksikan pabrik di Banyuwangi dapat menyerap tenaga kerja hingga 1.000 orang. Kebutuhan sumber daya manusia dapat dipenuhi dari sekolah vokasi di wilayah ini.

"Kami bekerja sama dengan sekolah di Banyuwangi untuk menyiapkan tenaga terlatih. Sehingga saat pabrik berdiri, SDM-nya siap. Saat ini sudah berjalan di beberapa SMK dan segera menyusul sekolah vokasi lainnya," kata Sodiq.

Bupati Abdullah Azwar Anas menyatakan siap mendukung pembangunan pabrik INKA di Banyuwangi. Anas juga mendorong INKA untuk membangun pabrik berkonsep industri hijau dan mengusung konsep arsitektur lokal.

Inka juga dipercaya untuk memproduksi light rail transit untuk Jabodebek dan Sumatra Selatan. Direktur Produksi Inka Bayu Waskito mengaku hal tersebut juga sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap Asian Games yang akan diselenggarakan pada 18 Agustus sampai 2 September.

Editor: Ratna Ariyanti

Berita Terkini Lainnya