Ini Sebabnya Promosi Festival Danau Sentani Digelar di Bali

Oleh: Ema Sukarelawanto 08 Mei 2018 | 14:39 WIB
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw (kedua kanan) dan Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Papua Syahrir Hasan (kedua kiri) memukul alat musik Tifa didampingi Ketua Tim Perumus dan Percepatan Pelaksanaan Festival Danau Sentani XI Septinus Rumaseb (kiri) dan Sekretaris Dinas Pariwisata Bali Nyoman Wardawan saat peluncuran Festival Danau Sentani XI di kawasan Kuta, Bali, Senin (7/5)./Antara

Bisnis.com, MANGUPURA - Pemkab Jayapura danPemerintah Provinsi Papua melakukan promosi dan meluncurkan Festival Danau Sentani XI di Kuta, Bali.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan sengaja memilih Bali agar informasi ini bisa disebarluaskan oleh para wisatawan mancanegara yang sedang berada di Bali, karena selama ini baru mampu menjaring wisatawan domestik.

“Bali sudah dikenal dunia karena pariwisatanya, oleh karena itu kami memilih berpromosi di sini untuk menjaring wisman yang di Bali agar kelak menjadwalkan traveling ke Papua,” kata Mathius di sela-sela acara di Gedung Indonesia Tourism Information Center Kuta, Senin (7/5/2018) malam.

Mathius bersama jajaran pejabat Pemkab Jayapura juga ingim belajar secara langsung kepada pejabat terkait di Bali mengelola dunia pariwisata sebagai sumber pendapatan daerah yang tinggi dan bisa menggerakkan roda perekonommian masyarakat.

Ia berjanji mengelola festival yang telah sepuluh kali digelar itu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Papua. Ia berharap Festival Danau Sentani yang akan digelar 19-23 Juni 2018 itu bisa menyedot kunjungan 500 wisman setiap hari.

Kata dia penyelenggaraan acara tahunan ini merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan sekaligus mengukuhkan Kabupaten Jayapura sebagai destinasi wisata alternatif dan mutiara yang layak diperhitungkan serta menjadi bagian dari Pesona Indonesia di Provinsi Papua.

Danau Sentani yang berada tepat di lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops terbentang seluas 9.360 hektare dengan ketinggian 75 mdpl. Danau yang menjadi ikon festival ini merupakan danau terluas di Papua. Di danau ini tersebar 21 pulau kecil dengan lanskap alam yang memikat terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Festival Danau Sentani XI mengusung tema ‘Khenambai Umbai: Satu Hati, Satu Jiwa, untuk Indonesia’ akan menyuguhkan beberapa acara di antaranya festival sagu, ritual adat, festival budaya, pergelaran musik danau, pameran kuliner, dan UMKM.

“Seluruh rangkaian acara akan dipusatkan di Pantai Khalkote,” kata Mathius.

Mathius menjelaskan Festival Danau Sentani merupakan jendela keragaman budaya serta keindahan alam Kabupaten Jayapura. Festival ini menjadi temu rakyat yang ditunggu-tunggu, untuk menampilkan beragam keunikan melalui rangkaian musik, tari, adat istiadat, budaya kuliner, dan tur wisata dalam satu gelaran bergengsi.

 

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer