Pelabuhan Probolinggo Akan Tersambung Rel

Oleh: Jaffry Prabu Prakoso 07 Mei 2018 | 16:21 WIB
Pelabuhan Probolinggo Akan Tersambung Rel
Ilustrasi: Pintu gerbang Pelabuhan Probolinggo/kotaprobolinggo.files.wordpress.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Kemungkinan Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo, Jawa Timur tersambung dengan rel kereta api kini sedang dalam kajian.

Harry Boediarto, Direktur Komersial PT Pelni (Persero), mengatakan sudah berkomunikasi dengan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) soal wacana tersebut dan setuju untuk dibahas lebih dalam.

"Tahun ini rencana sambungkan pelabuhan [Probolinggo]. Kita melihat potensi yang sangat besar di sana," katanya kepada Bisnis, Senin (7/5/2018).

Bukan hanya dengan KAI, Harry juga sudah membicarakan bersama pemerintah daerah dan Badan Usaha Milik Daerah setempat. Keduanya sepakat sehingga tinggal memulai proses pengerjaannya.

Harry menjelaskan perseroan akan melakukan forum group discussion terlebih dahulu tentang pemanfaatan Pelabuhan Probolinggo untuk melayani Indonesia Timur yang dimulai bulan ini.

Setelah diskusi rampung, proses selanjutnya adalah mencari partner dan melakukan uji kelayakan.

‎Jika sudah rampung, rencananya pelabuhan akan dikhususkan untuk melayani pengiriman barang dari Jawa yang dilayani lewat kereta api dan langsung disebar ke Indonesia bagian timur.

Adanya rel yang tersambung ini diyakini bisa mengurangi tingginya biaya logistik yang saat ini sekitar 23% dari produk domestik bruto.

Pengiriman via kereta juga dapat mengurangi kepadatan jalan karena 90% pengiriman logitik menggunakan truk.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya