Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, Ujian Tertulis SBMPTN 2018 Digelar, Ada Ujian Cetak & Android

Ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akan digelar Selasa (8/5).
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SOLO—Ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akan digelar Selasa (8/5). Sedangkan ujian keterampilan (UK) dijadwalkan Rabu (9/5) dan/atau Jumat (11/5).

Secara nasional, jumlah peserta SBMPTN tahun ini tercatat sebanyak 860.001 peserta. Dari total pendaftar tersebut dapat dirinci jumlah peserta ujian Saintek 341.290 peserta, Soshum 359.140 peserta, dan Campuran 159.571 peserta.

Dari total pendaftar SBMPTN 2018 tersebut ada peserta reguler sebanyak 672.816 peserta dan Bidikmisi sebanyak 187.185 peserta.

Dari jumlah peserta keseluruhan, yang akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) sebanyak 833.820 peserta dan yang akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebanyak 26.181 peserta yang di dalamnya termasuk 1.000 peserta akan menggunakan Android

Ketua Panitia Pusat SBMPTN 2018, Ravik Karsidi menyatakan kesiapan Panitia Lokal (Panlok) untuk melaksanakan ujian tertulis dan UK SBMPTN 2018 telah mencapai tahap akhir.

Ravik mengimbau kepada para peserta SBMPTN 2018 agar memastikan lokasi tempat ujiannya sekurang-kurangnya satu hari sebelum tanggal pelaksanaan, agar dapat mengikuti ujian secara tepat waktu.

"Kami juga mengimbau agar para peserta mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan tidak terbujuk oleh janji-janji dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," ungkap Ravik kepada JIBI, Minggu (6/5/2018).

Sementara itu, jumlah pendaftar SBMPTN 2028 di Panlok 44 Solo (Universitas Sebelas Maret (UNS)) sebanyak 25.823 orang. Tahun sebelumnya, jumlah pendaftar SBMPTN di Panlok 44 Solo sebanyak 25.029 orang. Dari 25.823 peserta SBMPTN tahun ini, ada sebanyak 2.318 orang mendaftar untuk berbagai program studi (prodi) di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Solo, Sutarno mengakui jumlah pendaftar SBMPTN tahun ini naik cukup signifikan.

Terpisah, di ISI Solo, sebanyak 2.318 pendaftar tersebar di 11 prodi baik di Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) maupun di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Menurut informasi yang diperoleh JIBI, Minggu, Prodi Desain Komumikasi Visual (DKV) menjadi prodi dengan jumlah pendaftar tertinggi, yakni sebanyak 594 orang.

Ketua Prodi DKV ISI Solo, Asmoro NP, mengakui, melalui jumlah pendaftar yang meningkat signifikan akan menjadikan persaingan lebih kompetitif dari tiap peserta.

"Diharapkan melalui seleksi ketat ini akan mendapat calon mahasiswa yang berkualitas dan mempunyai kemampuan untuk mengikuti perkuliahan nantinya," ungkap Asmoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Septhia Ryanthie
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper