Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalimantan Barat Genjot Pariwisata, Jewita Diperkuat

Jejaring Wisata (Jewita) Kalimantan Barat melantik tujuh chapter pengurus daerah yakni Sambas, Singkawang, Mempawah, Pontianak, Kubu Raya, dan Kayong Utara.
Tugu Khatulistiwa di Pontianak, Kalbar./Istimewa
Tugu Khatulistiwa di Pontianak, Kalbar./Istimewa

Bisnis.com, PONTIANAK – Jejaring Wisata (Jewita) Kalimantan Barat melantik tujuh chapter pengurus daerah yakni Sambas, Singkawang, Mempawah, Pontianak, Kubu Raya, dan Kayong Utara dalam rangka memperkuat promosi pariwisata yang ada di provinsi tersebut.

"Pembentukan pengurus di daerah agar promosi potensi wisata yang ada di Kalbar lebih maksimal. Pada prinsipnya kita ingin semua pihak berpartisipasi dalam mempromosikan kekayaan wisata Kalbar," ujar Direktur Jewita Kalbar, Aristono Edi Kiswantoro, saat pembukaan Kalbar Extravaganza 2018 di Pontianak, Jumat (4/5/2018).

Aristono menjelaskan Kalbar memiliki kekayaan alam, budaya, kuliner, dan lainnya. Hanya saja, perlu dimasifkan dalam hal penggalian potensi dan promosi sehingga Kalbar menjadi tujuan wisatawan baik lokal maupun manca negara.

"Kalbar memiliki Tugu Khalustiwa, sungai terpanjang di Indonesai, Danau Sentarum, gunung, pantai dan air terjun serta lainnya. Itu kekayaaan kita harus dikenalkan keluar," papar Aristono.

Sementara itu, Ketua Jewita Kalbar Chapter Sambas, Didip, mengatakan Sambas memiliki potensi wisata yang tidak dimiliki oleh daerah lain seperti pantai terpanjang penangkaran penyu di Indonesia. Sambas juga memiliki pesona alam baik pantai, pulau dan gunung, serta lainnya.

"Sambas juga memiliki kebudayaan dan wisata sejarah yang patut dikunjungi. Kita memiliki hasil tenun yang sudah dikenal luas baik di tingkat nasional atupun manca negara. Potensi yang ada membuat kami tertarik untuk membentuk Jewita di daerah," ujarnya.

Dia menambahkan Jewita Kalbar Chapter Sambas akan menjadi wadah dari pegiat dan pelaku wisata di kabupaten itu menggali potensi dan melakukan promosinya.

"Kita berharap dengan adanya komunitas ini promosi semakin luas dan masif. Tentunya dengan secara bersama banyak hal yang bisa dilakukan agar Sambas menjadi tujuan wisata baik wisatawan lokal ataupun manca negara," sebutnya.

Pihaknya juga berkomitmen akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, perguruan tinggi, dan swasta dalam memajukan wisata di Sambas. "Kita kaya akan potensi wisata sehingga ini harus bersama memajukannya. Kita akan membuat program-program kerja sama untuk itu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper