AUTOVAGANZA : Pembuktian SUV Lokal Anak Negeri

Oleh: Wike D. Herlinda 27 April 2018 | 02:00 WIB

Salah satu sesi yang menjadi primadona di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 adalah jajak kemudi alias test drive. Di sinilah para pengunjung berkesempatan untuk menjajal kenyamanan kemudi sebuah kendaraan baru sebelum memutuskan untuk membelinya.

Dari sekian banyak mobil yang disediakan untuk test drive, DFSK Glory 580 adalah salah satu yang paling memikat hati para pengunjung. Sport utility vehicle (SUV) 7-kursi ini merupakan penawaran terbaru yang diboyong produsen asal China yang terafiliasi dengan Dongfeng Motor Corp. itu.

Meskipun baru pertama kali diperkenalkan ke publik Indonesia, mobil yang diusung PT Sokonindo Automobile itu berhasil membuat lebih dari 300 orang tertarik menjajal test drive-nya. Lantas, apa sebenarnya yang membuat publik penasaran dengan SUV tersebut?

Rupanya, Glory 580 merupakan kendaraan yang dibuat di dalam negeri yaitu di pabrikan Cikande, Serang. Hal itu membuat publik penasaran dengan ‘cita rasa’ SUV merek China itu jika dibandingkan dengan kendaraan lain di kelasnya yang dibuat oleh produsen Jepang atau Eropa.

Di ajang IIMS 2018, DFSK memboyong beberapa varian Glory 580 termasuk Luxury 1,5 T dengan transmisi CVT, Comfort 1,5 T dengan transmisi CVT, serta Comfort 1,8 dengan transmisi manual 5-speed.

General Manager Marketing Sokonindo Permata Islam menjelaskan, Glory 580 ditunjang dengan mesin turbocharge 1,5L yang responsif dengan transmisi CVT sehingga terasa mulus saat dikemudikan.

Jika dibandingkan dengan SUV 7-seater di kelasnya seperti Honda CR-V atau Nissan X-Trail, mobil ini terbilang jauh lebih terjangkau yaitu dengan penawaran harga sekitar Rp220 juta—Rp350 juta untuk pasaran Jakarta dan sekitarnya.

Dengan harga tersebut, konsumen sudah dapat merasakan sensasi berkendara layaknya SUV premium. Apalagi, mobil ini memiliki desain interior cukup mewah dengan kursi penumpang dari material kulit dan sistem hiburan layar sentuh 10 inci pada varian Luxury.

Kabin SUV ini juga terbilang cukup luas, sehingga layak direkomendasikan sebagai kendaraan keluarga di daerah uraban. Selain itu, guna menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara, mobil ini dilengkapi dengan teknologi electronic parking brake (EPB).

Menariknya, konsumen dapat mengantongi garansi hingga 7 tahun per 150.000 km, yang mencakup jaminan untuk kendaraan dan mesin mulai dari sistem ECU, EPS, evaporator AC, radiator, dan lain-lain.

Adapun, kendaraan yang baru mulai didistribusikan pada April 2018 tersebut dijajakan ke dalam dua varian dengan emapt tipe yang bisa didapatkan secara indent.

Mereka antara lain Comfort 1,8 L Comfort 5M/T dengan harga on the road Rp245,9 juta, Comfort 1,8 L CVT dengan banderol Rp282 juta, Luxury 1,5 L Turbo 6M/T seharga Rp295 juta, dan Luxury 1,5 L Turbo Luxury CVT senilai Rp308 juta.

Selain varian Comfort dan Luxury, Sokonindo Automobile tengah mempersiapkan varian yang lebih ‘wah’ yaitu Elite dengan harga yang lebih ekonomis dan Premium yang menyasar segmen SUV termewah.

Sokonindo Automobile merupakan kerja sama antara PT Kaisar Motor Indonesia dan Sokon Group Ltd. Hong Kong yang memboyong investasi US$150 juta untuk mendirikan pabrik berkapasitas 50.000 unit per tahun di Cikande, Serang, Banten.

Saat ini, mobil buatan Sokonindo didominasi oleh 90% generasi muda Indonesia yang dilatih untuk menjadi expertise di bidang otomotif. Sejak beroperasi pada 2015, produsen tersebut telah memenuhi syarat 50% kandungan suku cadang lokal dan menargetkan tingkat komponen lokal mampu mencapai 80%. Dengan demikian, bisa dibilang DFSK Glory 580 merupakan SUV premium perdana buatan anak bangsa.

[Foto-Foto: Wike D. Herlinda]

Editor: Bambang Supriyanto

Berita Terkini Lainnya