PELATIHAN KETERAMPILAN Sasar 600 Pencari Kerja di Kediri

Oleh: Newswire 24 April 2018 | 19:37 WIB
PELATIHAN KETERAMPILAN Sasar 600 Pencari Kerja di Kediri
Ilustrasi usaha pembuatan kue./Bisnis

Bisnis.com, KEDIRI—Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur memberikan pelatihan bagi ratusan pencari kerja sebagai bekal mereka dalam mencari kerja atau berwirausaha.

"Pelatihan mandiri ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada warga, dengan harapan jika mereka telah mendapatkan kompetensi dapat dijadikan bekal untuk melamar pekerjaan," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja Pemkot Kediri Kristianto di Kediri, Selasa (24/4/2018).

Pihaknya memang mendorong agar mereka mempunyai keterampilan. Selain bisa sebagai bekal mencari kerja, pelatihan itu sekaligus sebagai bekal jika mereka memilih mendirikan usaha sendiri.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 600 orang yang merupakan warga Kota Kediri. Mereka sebelumnya telah ikut mendaftar untuk ikut berbagai pelatihan yang telah disediakan oleh dinas. Beberapa model pelatihan, antara lain kecantikan, menjahit, garmen, informatika, sablon, tata boga, desain, dan montir.

Kegiatan itu sebelumnya telah digelar oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja Pemkot Kediri pada 2017 dan diikuti ratusan peserta warga Kota Kediri. Para peserta mengikuti pelatihan secara terjadwal sesuai dengan pilihan untuk programnya.

Kristianto menambahkan dalam kegiatan itu peserta diberi kebebasan untuk memilih jurusan pelatihan keterampilan yang diinginkan. Mereka juga tidak diberi beban biaya untuk ikut acara itu atau gratis. Mereka hanya tinggal ikut pelatihan.

Para peserta diutamakan mereka yang masih usia produktif mulai 18 hingga 40 tahun. Dengan itu, diharapkan pelatihan bisa bermanfaat untuk mereka, sebagai bekal mereka mencari pekerjaan ataupun berwirausaha.

"Untuk biaya penyelenggaraan gratis ditanggung pemerintah, mulai pendaftaran hingga ujian kompetensi tidak dipungut biaya," kata dia.

Kegiatan itu dilakukan secara simbolis di sebuah hall Kota Kediri. Para peserta yang ikut pelatihan berkumpul untuk mengikuti pembukaan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja Pemkot Kediri. Dalam acara itu, juga sekaligus mengalungkan tanda peserta sebagai simbol acara pelatihan mandiri dilakukan.

Para peserta juga antusias ikut acara tersebut dan berharap mereka bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan. Mereka ke depan bisa memanfaatkan keterampilan yang didapatkan, bahkan bisa mempunyai usaha sendiri.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya