MAL PELAYANAN PUBLIK TOMOHON : 233 Layanan di Satu Atap

Oleh: Kurniawan A. Wicaksono 23 April 2018 | 02:00 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (kedua kanan) dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly (kanan) menandatangani prasasti sebagai bukti diresmikannya Mal Pelayanan Publik Tomohon./Istimewa-KemenpanRB

MANADO – Mal Pelayanan Publik di Tomohon resmi beroperasi. Sebanyak 233 jenis layanan perizinan dan nonperizinan dilayani.

Mal Pelayanan Publik yang dinamai Wale Kabasaran ini diresmikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly, Sabtu (21/4).

Berdasarkan informasi dari KemenPAN-RB, Jimmy Feidie Eman, Wali Kota Tomohon mengatakan layanan yang sudah tergabung dalam Mal Pelayanan Publik ini terkait dengan keimigrasian, pajak, jaminan sosial kesehatan, kependudukan, dan perbankan.

“Ini sejalan dengan amanat Presiden [Joko Widodo] untuk mempercepat dan mempermudah perizinan serta mewujudkan daerah ramah investasi,” ujar Jimmy, dalam penjelasan resmi, Minggu (22/4).

Dia berharap dengan diresmikannya Mal Pelayanan Publik ini, masyarakat juga tidak mengalami lagi kesulitan dalam pengurusan administrasi. Apalagi, tempat pengurusannya sudah berada di dalam satu atap.

MenPAN-RB Asman Abnur mengungkapkan Mal Pelayanan Publik di Tomohon ini merupakan MPP yang keenam di Indonesia setelah DKI Jakarta, Surabaya, Banyuwangi, Denpasar, dan Bekasi.

Dengan adanya Mal Pelayanan Terpadu ini, akan ada integrasi pelayanan instansi pemerintah pusat dan daerah, serta pelayanan bisnis dalam satu tempat.

“Sudah ada 200 perizinan lebih di sini [Tomohon]. Ada di beberapa MPP yang lain yang sudah sampai 400. Nah, ini saya yakin bertahap akan ada seluruh pelayanan publik, perizinan yang ada di sini,” kata Asman.

Mal Pelayanan Publik ini merupakan pengembangan dari pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang dikombinasikan dengan menggunakan teknologi informasi, sehingga mudah diakses.

Editor: Roni Yunianto

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer