Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GO-FOOD Festival Gandeng UMKM Makassar Tingkatkan Skala Bisnis

Setelah sukses di Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Cirebon, GO-JEK menggelar GO-FOOD Festival di Makassar, Sulawesi Selatan.
Ilustrasi festival kuliner./Istimewa
Ilustrasi festival kuliner./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Setelah sukses di Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Cirebon, GO-JEK menggelar GO-FOOD Festival di Makassar, Sulawesi Selatan.

Acara ini berlangsung selama setahun, yakni selama 21 April 2018-21 April 2019 di EatOut Karebosi Link. Sebagai kota pertama di luar Jawa, pelaksanaan GO-FOOD Festival Makassar akan menghadirkan 30 merchant terbaik untuk menyajikan produk kuliner.

VP Operation and Business Development GO-FOOD Festival Brata Santoso mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) meningkatkan skala bisnisnya.

“Kami ingin merangkul lebih banyak lagi pelaku UMKM kuliner untuk bergabung dalam festival ini yang tidak hanya di kota-kota besar, tapi merambah ke kota-kota lain di Indonesia," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (22/4/2018).

Jumlah UMKM kuliner Makassar yang aktif disebut sudah mencapai 1.000 usaha. Melalui GO-FOOD Festival, pelaku usaha diharapkan dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

Saat ini, tutur Brata, lebih dari 80% merchant mitra GO-FOOD merupakan pengusaha kuliner yang masuk kategori pengusaha kecil dan menengah yang memiliki potensi untuk tumbuh menjadi lebih besar lagi. Namun, pendanaan serta jaringan menjadi tantangan yang harus dihadapi.

Lebih lanjut, dia memaparkan bahwa selama ini calon pelaku UMKM kuliner selalu terhambat untuk memulai bisnis kuliner mereka karena pemikiran bahwa mereka harus memiliki modal yang besar serta karyawan yang banyak.

"GO-FOOD membantu untuk memberikan akses yang selebar-lebarnya kepada mereka yang ingin berinovasi kuliner tanpa modal yang besar," jelas Brata.

GO-FOOD Festival menggunakan konsep food court atau pusat jajanan serba ada (pujasera) bagi para pengusaha UMKM untuk menawarkan produk kulinernya. Berbeda dengan konsep food court pada umumnya, para pengusaha tidak perlu menyiapkan dana besar di muka untuk biaya sewa booth dan jasa pelayan.

"Kami juga akan menyiapkan seluruh kebutuhan peralatan masak yang biasanya juga cukup mahal bagi para pebisnis mikro," ucapnya.

Makassar dipilih menjadi salah satu dari 100 titik digelarnya GO-FOOD Festival karena keragaman kulinernya yang kaya akan cita rasa.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono turut mengucapkan Selamat Hari Kartini kepada seluruh mitra GO-JEK perempuan baik mitra driver maupun mitra merchant.

"Tanpa perjuangan Kartini, tidak akan ada perempuan-perempuan pejuang. Tanpa Kartini pula, kita tidak dapat menjumpai para mitra driver GO-JEK dan penggiat usaha kuliner GO-FOOD perempuan," sebutnya.

Melalui GO-FOOD Festival, Pemerintah Kota Makassar juga mengapresiasi langkah GO-JEK dalam meningkatkan akses perempuan Makassar dalam mengangkat UMKM kuliner.

GO-FOOD Festival yang telah berlangsung di Jakarta, Bogor, Bekasi dan Cirebon, memiliki rata-rata transaksi mencapai 1.300 transaksi pada hari kerja (Senin - Jumat) dan 1.800 transaksi pada akhir pekan (Sabtu dan Minggu).

Melihat pencapaian tersebut, kehadiran GO-FOOD Festival di kota Makassar diharapkan dapat menjadi tempat bagi masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menikmati keragaman kuliner yang disuguhkan oleh para merchant.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper