Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Banten Bantu Pemasaran Online Produk Rumahan

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) memberikan bimbingan teknis (bimtek) pemanfaatan media online untuk pemasaran industri rumahan.

Bisnis.com, SERANG--Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) memberikan bimbingan teknis (bimtek) pemanfaatan media online untuk pemasaran industri rumahan.

Sebanyak 60 ibu rumah tangga (IRT) yang memiliki produk rumahan untuk dijual, diberikan pengetahuan dan kiat-kiat sukses menjajakan produknya lebih luas secara online, di Serang, Jumat.

Kepala DP3AKKB Provinsi Banten Siti Ma'ani Nina mengatakan, kegiatan bimtek pemanfaatan media online industri rumahan perempuan ini merupakan kelanjutan dari bimtek sebelumnya terkait 'packaging' atau pengemasan industri rumah tangga bagi perempuan yang ada di 8 kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

Dari bimtek sebelumnya, kata dia, telah dihasilkan produk-produk industri rumahan yang layak untuk dipasarkan secara massal.

"Sebenarnya sejak mereka (IRT) sudah punya produk sendiri, itu sudah langsung mereka pasarkan hanya lingkupnya masih sekitar lingkungannya saja. Nah, kami sekarang membantu mereka agar produk itu bisa dipasarkan lebih luas melalui kecanggihan teknologi informasi saat ini, yaitu melalui media online," kata Nina.

Menurut Nina, dengan menggunakan media online, IRT yang memiliki industri rumahan akan mendapatkan banyak sumber informasi dan memberikan dukungan tersendiri bagi perkembangan bisnisnya.

Dengan modal informasi yang ada pada media online, kata Nian, setidaknya bisa menciptakan ide-ide baru yang bisa bermanfaat bagi kemajuan usahanya.

"Selain itu juga bisa mendapatkan informasi penting lainnya terkait peluang usaha yang sedang dijalankannya," katanya.

Nina mengatakan, melihat pentingnya teknis-teknis dalam hal pemasaran suatu produk, Gubernur dan Wakil Gubernur Banten menyampaikan bahwa perlu dilakukan pembinaan dari pemerintah bagi para pelaku usaha industri rumahan dalam rangka meningkatkan penghasilannya.

Karena keterlibatan pemerintah dalam kegiatan ekonomi terutama industri rumahan akan berdampak besar bagi peningkatan kreativitas dan inovasi bagi pelaku usaha industri rumahan dan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup.

"Bimtek ini dipandang perlu dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan tentang taca cara menggunakan media online bagi pelaku usaha industri rumahan," katanya.

Sehingga, kata dia, para pelaku usaha IRT bisa memasarkan produk dan konsumen bisa melihat dan memesan produk tanpa harus datang ke tempat produksinya. .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler