Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Wirasaba Bisa Rampung Akhir 2019

Proses pembangunan Bandara Wirasaba di Purbalingga, Jawa Tengah diprediksi akan membutuhkan waktu hingga 1,5 tahun atau rampung pada Desember 2019.
Bandara Wirasaba/ajikotapurwokerto.or.id
Bandara Wirasaba/ajikotapurwokerto.or.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Proses pembangunan Bandara Wirasaba di Purbalingga, Jawa Tengah diprediksi akan membutuhkan waktu hingga 1,5 tahun atau rampung pada Desember 2019.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan prediksi penyelesaian pembangunan tersebut bergantung pada jadwal pelaksanaan peletakan batu pertama (groundbreaking) yang akan ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan. Pihaknya akan segera memastikan jadwal tersebut.

"Kalau bisa groundbreaking pada April atau Mei tahun ini, Desember 2019 insyaallah sudah bisa [selesai]," kata Awaluddin, Rabu (18/4/2018).

Dia optimistis target tersebut tercapai karena perusahaan sudah siap dan diprediksi tidak ada hambatan. Di samping itu, perusahaan sudah mengalokasikan dana internal hingga Rp400 miliar, lahan juga sudah tersedia, dan bandara yang dibangun tidak terlalu luas.

Dalam rencana pembangunan tahap awal, lanjutnya, dimensi panjang dan lebar landasan pacu (runway) bandara yakni 1.600 meter dan 30 meter.

Selain itu, gedung terminal yang akan dibangun tidak terlalu besar, yakni hanya 3.000 m2 dengan kapasitas hingga 300.000 penumpang per tahun. Apron dan sarana penunjang lain sedang dalam tahap penggambaran desain.

Pembangunan Bandara Wirasaba tersebut sudah dinantikan oleh Presiden Joko Widodo sejak akhir tahun lalu. Kepala Negara tertarik dengan rencana pembangunan tersebut karena wilayah Purbalingga perlu untuk diberikan konektivitas udara.

Perjalanan darat dari Purbalingga menuju Semarang dan Yogyakarta membutuhkan waktu hingga 5 jam. Jika menggunakan transportasi udara jarak bisa dipangkas menjadi 1 jam dan membuka akses menuju kota besar lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper