Pemprov Jatim Siapkan Material Sementara Untuk Tangani Jembatan yang Ambruk

Oleh: Peni Widarti 18 April 2018 | 13:10 WIB
Pemprov Jatim Siapkan Material Sementara Untuk Tangani Jembatan yang Ambruk
Petugas mengevakuasi truk di lokasi jembatan Widang yang runtuh, di Tuban, Jawa Timur, Selasa (17/4/2018)./ANTARA-Aguk Sudarmojo

Bisnis.com, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan bakal membantu penanganan putusnya Jembatan Widang di perbatasan Tuban dan Lamongan dengan menyiapkan material besi atau baja.

"Kewenangan jembatan di jalan arteri tersebut ada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kami tidak ingin jalur distribusi barang terganggu karena akan menaikkan harga barang,” katanya dalam pernyataan resmi, Rabu (18/4/2018).

Soekarwo menerangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur nantinya akan memasang besi atau baja di atas jembatan sehingga kendaraan tetap bisa melewati jalur tersebut. Selain itu, lanjutnya, Jatim juga akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menghindari double account mengingat jembatan tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat.

Soekarwo mengungkapkan analisis sementara bahwa runtuhnya jembatan tersebut disebabkan oleh beban berat kendaraan yang melintas.

"Kendaraan tampak berat sekali dan overload. Itu salah satu yang jadi analisisnya. Tetapi, apa karena itu? Masih belum diputuskan penyebabnya,” tambahnya.

Diketahui, Jembatan Cincin Lama pada Ruas Jalan BTS Kabupaten Tuban-Widang ambruk pada Selasa (17/4) sekitar pukul 11.00 WIB. Jembatan yang ambruk tiba-tiba itu mengakibatkan sebuah dump truck, 2 unit truk tronton, dan 1 unit sepeda motor tercebur ke Sungai Bengawan Solo.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya