Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan Babat-Widang Ambruk, Jembatan Darurat Disiapkan

Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah berkoordinasi untuk segera mempersiapkan jembatan darurat pasca ambruknya jembatan Babat-Widang di perbatasan Lamongan-Tuban Jawa Timur.
Petugas mengevakuasi truk di lokasi jembatan Widang yang runtuh, di Tuban, Jawa Timur, Selasa (17/4/2018)./ANTARA-Aguk Sudarmojo
Petugas mengevakuasi truk di lokasi jembatan Widang yang runtuh, di Tuban, Jawa Timur, Selasa (17/4/2018)./ANTARA-Aguk Sudarmojo

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah berkoordinasi untuk segera mempersiapkan jembatan darurat pasca ambruknya jembatan Babat-Widang di perbatasan Lamongan-Tuban Jawa Timur.

Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Hadi Sulistyo mengatakan ambruknya jembatan penghubung Kecamatan Babat Lamongan dengan Kecamatan Widang Tuban itu menjadi perhatian pemerintah mengingat kurang 50 hari lagi pemerintah harus sudah mulai menata jalur mudik lebaran.

"Kami dan Kementerian PU serta Balai Besar Pelaksaan Jalan Nasional (BBPJN) secepatnya menyiapkan jembatan darurat karena sebentar lagi masuk bulan Ramadhan dan kita harus segera menata jalur mudik," katanya kepada Bisnis, Selasa (17/4/2018).

Dia mengatakan bercermin dari runtuhnya Jembatan Cincin, maka Pemprov Jatim akan mengecek semua konstruksi dan melakukan pemeliharaan rutin pada Jembatan Provinsi.

"Sekalipun setiap tahunnya kami selalu mengecek kondisi masing-masing jembatan," katanya.

Gatot menambahkan saat ini pihaknya bersama tim BBPJN Jatim sedang menghitung tingkat kerugian jembatan nasional tersebut. Sedangkan target pengerjaan perbaikan jembatan tersebut saat ini masih menunggu kebijakan Kementerian PU.

"Sekarang masih menunggu laporan dan perkembangan investigasi di lapangan. Termasuk penyebab runtuhnya jembatan juga belum diketahui pasti," imbuhnya.

Diketahui pada 17 April 2018, jembatan nasional Babat-Widang yang menghubungan Kecamatan Widang Kabupaten Tuban dan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan tiba-tiba ambruk saat banyak kendaraan berat yang melintas.

Dilaporkan, peristiwa ambruknya jembatan terjadi sekitar pukul 11.05 WIB. Ambruknya jembatan mengakibatkan 1 unit dump truck, 2 truk tronton dan 1 unit sepeda motor tercebur ke sungai.

Adapun identitas kendaraan yang tercebur ke sungai yakni dum truck sedang mengangkut limbah smelter, 2 truk tronton mengangkut pasir serta seorang pengendara sepeda motor. Informasi sementara, diketahui ada 2 orang pengemudi truk yang meninggal dunia karena terjebak di dalam truk.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper