Siapa Pelaku Utama Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan?

Oleh: Surya Rianto 17 April 2018 | 08:47 WIB
1

tumpahan minyak yang terbakar di perairan Teluk Balikpapan, Sabtu (31/3/2018)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tumpahan minyak di Teluk Balikpapan masih penuh tanda tanya. Pelaku utamanya masih belum terungkap, pihak Polisi Daerah Kalimantan Timur pun masih terus melakukan investigasi, tetapi PT Pertamina (Persero) tetap berpotensi dikenakan sanksi oleh Kementerian Lingkungan Hidup karena telah melakukan pencemaran.

Dalam rincian kejadian dari Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan pun mencatat kejadian tumpahan minyak terjadi pada 31 Maret 2018 pukul 06:00 WITA. Saat itu, sumber tumpahan minyak memang masih belum diketahui, petugas kapal patroli KPLP melakukan penyisiran dan berkoordinasi dengan instansi terkait dan Perrtamina.

Pihak petugas patroli pun sudah memberikan imbauan kepada kapal lalu lalang yang keluar/masuk pelabuhan untuk hati-hati. Namun, selang 4,5 jam pasca- tumpahan minyak atau pada 10:45 WITA, terjadi kebakaran di perairan/permukaan laut Teluk Balikpapan.

Sekitar pukul 11:25 WITA, api disebut sudah menyambar buritan Kapal MV. EVER Judger dengan bendera Panama, yang sedang berlabuh dan memasang jangkar. Pasca kejadian itu, akses keluar dan masuk ke pelabuhan Balikpapan pun ditutup sejak Sabtu 31 Maret 2018 sampai Senin 2 April 2018.

Api pun dapat dipadamkan sekitar pukul 12:30 WITA.

 

Berita Terkini Lainnya