Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendag Optimis Beras Akan Sentuh HET

Kementerian Perdagangan optimistis harga beras medium akan tetap menyentuh patokan harga eceran tertinggi yakni Rp9.450 per kilogram untuk wilayah Jawa, Sumatra Selatan dan Bengkulu.
Beras./.
Beras./.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan optimistis harga beras medium akan tetap menyentuh patokan harga eceran tertinggi yakni Rp9.450 per kilogram untuk wilayah Jawa, Sumatra Selatan dan Bengkulu.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian perdagangan Tjahya Widayanti pihaknya terus melakukan penggelontoran beras ke pasar secara masif meskipun harga belum seperti yang ditargetkan.

"Kami akan lebih masif menggelontorkan beras ke pasar. Insya Allah kan harus optomis [harga sentuh HET]," kata Tjahya

Sebelumnya Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyebut seluruh pedagang pasar sudah harus menjual beras dengan harga HET mulai 16 April 2018 atau Senin kemarin. Meski begitu tidak disebutkan sanksi yang akan diberikan kepada pedagang yang menjual di atas HET.

"Kalau menjual di atas HET akan kami panggil," kata Enggar Kamis (12/4/2018) di Hotel Sheraton Jakarta. Dalam beberapa kesempatan Mendag sempat menyebut pihaknya menargetkan harga menyentuh HET menjelang puasa.

Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok Kemendag mencatat harga beras pada 16 April sebesar Rp10.653 per kilogram. Harga tersebut turun tipis dibanding 13 April yakni Rp10.698 per kilogram. Meski begitu harga tersebut masih berada jauh di atas HET yakni Rp9.450 per kilogram untuk wilayah Jawa, Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Sementara di Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional mencatat harga beras kualitas medium I pada 16 April sebesar Rp11.900 per kilogram atau kurang Rp100 dibanding 13 April. Beras kualitas medium II lebih murah, yakni Rp11.700 per kilogram atau turun Rp100 dibanding 13 April.

Adapun berdasarkan data di Pasar Induk Beras Cipinang sebagai pasar grosir beras di DKI mencatat harga beras medium varietas IR-64 II sebesar Rp9.600 per kilogram. Sementara stok beras di PIBC terbilang cukup aman dengan stok akhir sebesar 43,284 ton pada 16 April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper