Moody’s Naikkan Peringkat Pertamina ke Baa2

Oleh: Emanuel B. Caesario 16 April 2018 | 09:12 WIB
Moody’s Naikkan Peringkat Pertamina ke Baa2
Awak mobil tangki (AMT) bersiap melakukan pengisian bahan bakar minyak ke dalam mobil tangki Pertamina di Terminal BBM Jakarta Group Plumpang, Jakarta Utara, Senin (27/11)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA— Moody’s Investor Service menaikkan peringkat penerbit dan surat utang senior tanpa jaminan dari PT Pertamina (Persero) dari Baa3 ke Baa2 serta merevisi outlook dari positif menjadi stabil.

Rachel Chua, Asisten Wakil Direktur dan Analis Moody’s, mengatakan bahwa naiknya peringkat Pertamina mengikuti naiknya peringkat pemerintah Indonesia sebagai pemiliki Pertamina.

Moody’s telah menaikkan peringkat pemerintah selaku penerbit serta surat utang negara pada Baa2 dari sebelumnya Baa3. Outlook direvisi dari positif menjadi stabil.

"Pemeringkatan peringkat Pertamina mengikuti peningkatan peringkat negara  dan mencerminkan posisi strategis dan penting perusahaan sebagai satu-satunya perusahaan minyak dan gas terintegrasi nasional Indonesia. Baseline credit assessment perseroan ditegaskan di baa3," kata Rachel dalam keterangan resmi, dikutip Senin (16/4/2018).

Pertamina 100% dimiliki pemerintah Indonesia. Pertamina merupakan perusahaan minyak dan gas terintegrasi sepenuhnya, dengan operasi di hulu minyak, gas dan eksplorasi dan produksi panas bumi, penyulingan hilir minyak, pemasaran, distribusi, transportasi dan perdagangan produk minyak bumi.

Editor: Riendy Astria

Berita Terkini Lainnya