Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Boyong Lima Mitra Binaan ke Indonesia Creative Product Festival, Malaysia

PLN memboyong lima mitra binaannya yang bergerak dalam industri kreatif ke ajang Indonesia Creative Product Festival 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia selama tiga hari (13-15 April 2018).
Pameran Industri Kreatif/Antara
Pameran Industri Kreatif/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—PLN memboyong lima mitra binaannya yang bergerak dalam industri kreatif ke ajang Indonesia Creative Product Festival 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia selama tiga hari (13-15 April 2018). 

Empatmitra binaan PLN diantaranya merupakan mitra dari Rumah Kreatif BUMN yang berasal dari Lampung, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat, serta satu mitra binaan yang berasal dari Tangerang Selatan.

Dalam hal ini, PLN mendukung produk industri kreatif Indonesia untuk dapat bersaing di pasar internasional dan mendorong industri kreatif dapat menghidupkan perekonomian di Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi besar dalam industri kreatif karena produknya yang berkualitas, unik, memiliki nilai budaya Indonesia yang tinggi dan tetap terjangkau. Selain itu, dengan industri kreatif dapat tercipta lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia.

"PLN sangat mendukung program pembinaan bagi industri kreatif. Kami beri mereka ruang untuk berkarya dan memamerkan produk mereka di kancah internasional agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya dan bersaing dengan produk internasional lainnya. Mereka punya potensi itu dan kita garap bersama," ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/4/2018).

Acara yang diresmikan oleh Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Malaysia Rusdi Kirana ini turut menghadirkan 81 usaha kecil dan menengah (UKM) binaan beberapa BUMN di Indonesia.

"Saya percaya kepada UKM untuk meningkatkan ekonomi Indonesia. Untuk buka lapangan pekerjaan baru harus bangun UKM. Tapi UKM tidak bisa sendiri, harus dengan pariwisata, seperti clean city atau kerjasama antar pemerintah kota Indonesia-Malaysia untuk menciptakan kota yang bersih. Terima kasih kepada Ibu Rini Menteri BUMN yang concern dengan mendidik UKM Indonesia. Saya lihat tadi produk-produknya luar biasa, sayang kalau tidak dijual," kata Rusdi.

Adapun produk yang ditampilkan mitra binaan PLN, antara lain kain tapis asal Lampung yang dapat digunakan untuk acara adat di Lampung telah dimodifikasi menjadi lebih modern dan inovatif. Dibuat dengan sulam tangan dengan aplikasi benang emas. Produk ini dikelola oleh Arismansyah dari Bandar Lampung.

Lalu ada kain batik tulis yang memiliki konsep motif kontemporer yang berasal dari Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Dalam proses pembuatannya, kain batik ini menggunakan teknik pewarnaan alami dan sintetis. Produk ini dikelola oleh Moh. Erfan daro Madura, Jawa Timur.

Kemudian ada sepatu dengan konsep etnik yang berasal dari Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sepatu jenis modern, seperti sneakers, mocassin, derby, oxford shoes, boots dan slip on dimodifikasi menjadi produk dengan kearifan lokal yang tinggi dengan perpaduan dari tenun NTB. Produk ini dikelola oleh Yunita Susanti dari Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Selain itu, ada juga kain tenun yang berasal dari sekelompok ibu penenun di Bima, NTB yang kemudian berkembang menjadi kelompok usaha pengrajin tenun yang memasarkan produk kain khas Bima menjadi bahan untuk baju, selendang, motif untuk topi, sarung, ikat kepala, ikat pinggang, dompet dan tas. Produk ini dikelola oleh Nurfaidah dari Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Serta kerajinan tas dan dompet untuk wanita yang dikreasikan dari erbagai bahan baku olahan nusantara, seperti pandan, lontar, rotan, mendong, agel dan sebagainya. Produk ini dikelola oleh Titik Kurniasi dari Tangerang Selatan.

Pameran ICPF ini merupakan pameran yang pertama kali mengikutsertakan mitra binaan dari BUMN-BUMN dan Rumah Kreatif BUMN di Malaysia. Pelaksanaannya juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kementerian BUMN RI yang ke-20 dengan semangat memperkenalkan produk industri kreatif lokal unggulan Indonesia ke negara tetangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper