Sambut Delegasi IMF, Karangasem Siapkan 7 Objek Wisata

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 12 April 2018 | 16:51 WIB
Umat Hindu menggelar upacara di Pura Besakih yaitu Pura yang berada di kaki Gunung Agung, Karangasem, Bali, Selasa (19/9)./ANTARA-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, DENPASAR -- Karangasem menyiapkan 7 objek wisata yakni Pura Besakih, Taman Ujung, Tirta Gangga, Puri Karangasem, Desa Tenganan, hingga Trekking Desa Kastala untuk menyambut kunjungan delegasi IMF-WB 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Karangasem Wayan Astika mengatakan 7 objek wisata itu dipilih karena telah lama dikenal sebagai lokasi andalan daerah ini.

Adapun Pura Besakih telah terkenal sebagai pura terbesar di Bali, Taman Ujung terkenal sebagai peninggalan Kerajaan Karangasem, Tirta Gangga sebagai tempat pemandian suci, Puri Karangasem juga merupakan peninggalan kerajaan, Tanganan menghadirkan wisata desa Bali Aga, dan Trekking Desa Kastala akan memberika pengalaman menyusuri pedesaan hingga sampai di Desa Tenganan.

Kata dia, saat ini persiapan demi persiapan sudah mulai dilakukan di masing-masing objek wisata. Persiapan itu mulai dari atraksi suguhan hingga kemudahan akses.

"Kita terkait persiapan sudah mulai ada namun belum dimaksimal," katanya kepada Bisnis, Kamis (12/4/2018).

Dia berharap dengan kunjungan delegasi ini maka pariwisata Karangasem akan semakin terangkat sehingga kunjungan semakim meningkat. Adapun selama 2017, kunjungan ke Karangasem hanya 554.000 wisatawan.

Jumlah ini seharusnya bisa lebih tinggi lagi namun karena aktivitas Gunung Agung, kunjungan ke Karangasem sejak September 2017 menurun bahkan tidak ada sama sekali.

"Cuma sekarang dengan melihat kondisi pemulihan kembali dengan adanya erupsi Gunung Agung kita berharap banyak dengan aktivitas seperti ini," katanya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya