Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANTUAN KAPAL, 92 Unit Perahu Motor Segera Didistribusikan di NTT

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ganef Wurgiyanto mengatakan terdapat 92 unit perahu motor bantuan untuk nelayan setempat segera disalurkan dalam pertengahan tahun 2018.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, KUPANG—Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ganef Wurgiyanto mengatakan terdapat 92 unit perahu motor bantuan untuk nelayan setempat segera disalurkan dalam pertengahan tahun 2018.

"Perahu motor bantuan ini sekarang sedang diproduksi di Manikin, Kabupaten Kupang. Kami targetkan sekitar pertengahan tahun atau pada Juli hingga Agustus 2018 sudah disalurkan," kata Ganef Wurgiyanto dihubungi dari Kupang, Kamis (12/4/2018).

Bantuan kapal motor nelayan itu di antaranya sebanyak 65 unit perahu motor berkapasitas 3 GT (Gross Tonnage) dan 27 unit perahu mesin ketinting.

Perahu motor bantuan ini sedang diproduksi PT Putra Unggul di Galangan Kapal Manikin, Kabupaten Kupang, dengan jumlah anggaran yang dialokasikan sekitar Rp 19 miliar.

"Kontrak pembuatan akan selesai sekitar Juni 2018 sehingga bantuan bisa disalurkan pada Juli atau Agustus 2018 ini," katanya.

Mantan Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP NTT itu menjelaskan bantuan perahu motor 3 GT diperuntukkan bagi kelompok nelayan kecil yang terdiri dari tiga atau empat orang.

Sementara perahu mesin ketinting diberikan untuk setiap individu nelayan yang masuk kategori miskin untuk mendukung usaha skala rumah tangganya.

"Kriteria penerima perahu ketinting ini bagi nelayan-nelayan kategori miskin yang mengurus surat keterangan tidak mampu dari desa setempat," katanya.

Ganef mengakui, alokasi bantuan kapal nelayan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) provinsi memang masih sangat terbatas pada kapasitas kecil karena sesuai kemampuan anggaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper