Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilgub Jateng 2018 : Sebanyak 63.974 TPS Dilengkapi Template Tuna Netra

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng telah menyiapkan 63.974 tempat pemungutan suara yang dilengkapi berbagai fasilitas penunjang bagi para difabel.
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya.jpg
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya.jpg

Bisnis.com, SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng telah menyiapkan 63.974 tempat pemungutan suara yang dilengkapi berbagai fasilitas penunjang bagi para difabel.

Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengungkapkan para penyandang tuna netra nantinya tidak menggunakan huruf braile. Mereka akan diberi template khusus untuk mencoblos.

"Untuk tuna netra kita buatkan template, nanti surat suara dimasukan di dalamnya, mereka tinggal menentukan pilihannya dengan bantuan template itu. Menggunakan templete adalah yang paling mudah," ungkap Joko, Rabu (11/4/2018).

Sementara itu lanjut Joko untuk mempersiapkannya dia mengaku sudah menyebar template di semua TPS. Dia beralasan pengadaan fasilitas itu untuk mengantisipasi jika ada difabel yang nantinya memilih pindah TPS.

Fasilitas bagi penyandang tuna daksa juga telah disiapkan menurutnya alat coblosan akan disiapkan khusus bagi tuna daksa yang menggunakan tangan maupun kaki.

Lebih lanjut Joko, menuturkan keberadaan TPS juga dipastikan ramah difabel. Bentuk TPS nantinya dibuat lebih pendek supaya para difabel yang menggunakan kursi roda tidak kesulitan saat masuk ke dalam.

"Penetapan jumlahnya nanti baru tanggal 20 April, dari situ kita baru dapat datanya," tambahnya.

Joko mengimbau kepada tiap kelurahan maupun kecamatan agat membuat TPS yang dapat dijangkau para difabel.

Sebab, mereka punya hak sama untuk menyalurkan suara memilih calon gubernur, walikota maupun bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper