Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Dorong Jateng Kembangkan Ekonomi Kreatif

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) serius mengembangkan potensi Ekonomi Kretatif (Ekraf) di Provinsi Jawa Tengah. Pasalnya Jateng mempunyai banyak potensi ekraf yang belum tergarap secara maksimal.
Pengunjung melihat kerajinan cinderamata yang terbuat dari limbah kayu/Antara
Pengunjung melihat kerajinan cinderamata yang terbuat dari limbah kayu/Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) serius mengembangkan potensi Ekonomi Kretatif (Ekraf) di Provinsi Jawa Tengah. Pasalnya Jateng mempunyai banyak potensi ekraf yang belum tergarap secara maksimal.

Anggota Komisi X DPR RI Mujib Rohmat menuturkan, ekonomi kreatif kini memang menjadi perhatian serius pemerintah sebab, melalui ekraf orang akan menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat sehingga bisa mengurangi angka pengangguran.

"DPR mendukung penuh ekraf untuk lebih maju khususnya di Jateng yang mempunyai banyak potensi ekonomi kreatif terutama kuliner, fashion dan kriya. Untuk kuliner masyarakat Jateng sudah sangat kreatif seperti beberapa olahan singkong dari Salatiga," kata Mujib Selasa (10/4/2018).

Dikatakan Mujib DPR mempunyai 3 fungsi penting dalam mengembangkan ekraf yakni menyusun undang-undang mengenai ekonomi kreatif, melakukan budjeting dan melakukan edukasi.

Penyusunan undang-undang lanjut dia merupakan arahan dari Presiden Jokowi untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Saat ini DPR sedang mengumpulkan beberapa kementerian terkait untuk menyusun undang-undang mengenai ekraf.

"Kami bersama beberapa kementerian yang berhubungan dengan ekraf sedang menyusun undang-undang untuk memajukan ekonomi kreatif. Pasalnya ekraf memiliki potensi yang luar biasa untuk itu undang-undang mengenai ekraf harus digarap sebaik mungkin," katanya.

Sementara untuk budjeting DPR mengelontorkan Rp780 miliar untuk ekraf selama 2018. Jumlah ini bisa saja bertambah asalkan ekraf terus konsisten memberikan pemasukan yang besar terhadap negara.

"Tahun ini DPR mengelontorkan Rp780 miliar untuk akses budjeting kepada pelaku industri kreatif dan angka ini bisa terus tumbuh asalkan ekonomi kreatif bisa semakin maju. Kami bisa saja memberikan Rp1 triliun jika bisa memberi kontribusi lebih kepada negeri," ujarnya.

Untuk fungsi yang ketiga lanjut dia DPR juga memberikan edukasi bagaimana mengembangkan sdm agar lebih baik lagi. Serta menjaga sumber daya alam agar pelaku ekraf tidak mengeksploitasi alam dan senantiasa menjaganya.

Sementara itu, Deputi Permodalan Badan Ekonomi Kretatif (Bekraf) Fadjar Hutomo menuturkan, beberapa kota di Jateng sedang serius mengembangkan ekonomi kreatif seperti Kota Semarang, Kabupaten Banjarnegara dan Kota Salatiga dengan beragam produk ekonomi kreatif.

Dikatakan Fadjar bedasarkan data BPS 2016 kontribusi Ekraf terhadap PDB adalah Rp992 triliun sementara untuk 2017 sudah mencapai Rp1.000 triliun. Fadjar menambahkan ada 3 sektor utama ekraf yakni sektor kuliner menyumbang 41,6% sektor fashion 18% dan kriya sebesar 16% dengan beberapa potensi lain seperti film, aplikasi digital dan musik.

"Kuliner, fashion dan kriya masih menjadi sektor utama pelaku bekraf sementara untuk film juga merupakan satu potensi yang cukup menjanjikan mengingat saat ini perfilman tanah air banyak yang mencapai box office dengan lebih dari dari 1 juta penonton seperti Dillan 1990, Pengabdi Setan dan Warkop DKI," tuturnya.

Menurut Fadjar ada beberapa kendala pelaku ekraf sulit tumbuh yakni akses permodalan namun hal itu dapat diatasi dengan menggandeng perbankan.

Melalui ekraf lanjut dia dapat menekan angka pengangguran sebab, sampai tahun 2017 pelaku ekraf di Indonesia mencapai 16,5 juta orang. Angka ini tentunya cukup besar dan diperkirakan ekraf semakin tumbuh dari tahun ke tahun. Diketahui setiap tahun ekonomi kreatif selalu tumbuh diatas 5% pertahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper