Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekolah Tinggi Meteorologi & Klimatologi Buka Penerimaan, Ini Syaratnya

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika telah membuka penerimaan taruna baru, program sarjana terapan.
Petugas BMKG menunjukkan area pergerakan badai Siklon Tropis Cempaka di Laboratorium BMKG Kemayoran, Jakarta, Rabu (29/11)./ANTARA-Rivan Awal Lingga
Petugas BMKG menunjukkan area pergerakan badai Siklon Tropis Cempaka di Laboratorium BMKG Kemayoran, Jakarta, Rabu (29/11)./ANTARA-Rivan Awal Lingga

Kabar24.com, JAKARTA - Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika telah membuka penerimaan taruna baru, program sarjana terapan.

Pendidikan tersebut akan ditempuh selama delapan semester dan biaya pendidikannya ditanggung oleh negara. Lulusan dari sekolah ini akan mendapatkan gelar sarjana terapan dan dapat bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG.

Program ini terbuka untuk laki-laki ataupun perempuan lulusan atau akan lulus dari SMA jurusan IPA, bisa juga untuk lulusan SMK dengan kompetensi keahlian teknik elektronika industri, teknik mekatronika, teknik jaringan akses, teknik transmisi telekomunikasi, rekayasa perangkat lunak teknik komputer dan jaringan.

Selain itu, ada syarat lainnya yakni berusia tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun. Ketentuan fisik yang diminta, memiliki tinggi dan berat proporsional, untuk laki laki minimal 163 sentimeter dan perempuan 155 sentimeter.

Lulusan sekolah tinggi ini akan bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Kemudian akan ditempatkan di berbagai wilayah Indonesia. Selama pendidikan, para taruna harus bersedia tidak menikah.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online di situs resmi BKN pada tanggal 9 – 30 April 2018. Sebelum melakukan pendaftaran ke panitia seleksi nasional pendidikan kedinasan, pastikan alamat surat elektronik dan nomor handphone telah aktif, lalu siapkan scan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), juga sertakan pas foto resmi dengan format jpg dan ukuran file 300-500 kilobyte.

Usai melakukan pendaftaran online, pendaftar akan dapat mengakses portal PTB STMKG 2018. Untuk melakukan pendaftaran sekolah tinggi tersebut, cara masuk situs tersebut menggunakan NIK dan password yang digunakan sebelumnya di portal BKN.

Perserta yang lolos seleksi administrasi, nantinya akan mendapatkan e-mail yang menunjukkan data telah tercatat, untuk selanjutnya melakukan pembayaran administrasi pada 13-19 mei 2018.

Setelah melakukan pembayaran, peserta harus mencetak kartu peserta tes yang dapat diunduh di situs PTB SMKG.

Sistem gugur diterapkan dalam tes ini dan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu seleksi kompetensi dasar, seleksi tesk akademik untuk pelajaran fisika, matematika, dan Bahasa inggris, kemudian wawancara dan pemeriksaan kesehatan bagi peserta yang telah dinyatakan lulus.

Seleksi tersebut dilakukan di 10 kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makasar, Medan, Palembang, Jayapura, Maluku Utara, Sorong, dan Mataram. Hasil kelulusan final akan diumumkan melalui website situs PTB SMKG pada Jumat, 31 Agustus 2018.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper