Kabel Laut Telkom Putus, 600.000 Pelanggan Data Telkomsel di Papua Terganggu

Sutarno
Senin, 9 April 2018 | 16:05 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Anda tidak bisa berkomunikasi data dengan relasi bisnis atau saudara pemilik nomor Telkomsel di Papua? Itu adalah dampak dari putusnya kabel laut Telkom di titik 363,67 dari Jayapura yang terjadi Jumat (6/4/2018) lalu.

Untuk mem-back up layanan data, Telkomsel mengalihkan jaringan data via satelit, namun kapasitasnya terbatas, sehingga pengguna layanan data Telkomsel seperti harus mengatri jaringan.

Ismu Widodo, General Manager Sales Telkomsel Region Maluku dan Papua, mengakui pihaknya kini telah menyiapkan kompensasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel yang terdampak putusnya kabel optik.

"Telkomsel akan memberikan bonus kuota kepada pelanggan prabayar dan untuk para pelanggan pasca bayar pihaknya akan memberikan kompensasi pada saat penagihan di bulan berikutnya," ujarnya di Jayapura Senin (9/4/2018) seperti dilansir Antara.

Ia mengklaim kini untuk layanan suara dan pesan singkat Telkomsel telah bisa digunakan seperti biasa, namun untuk layanan data belum maksimal karena kuota jaringan cadangan sangat terbatas dibandingkan kuota yang digunakan saat masih menggunkan kabel optik.

Namun, ia memastikan kapasitas jaringan cadangan yang menggunakan satelit akan terus ditingkatkan secara bertahap.

Ismu menambahkan Telkomsel saat ini masih memprioritaskan untuk memulihkan jaringan di pusat keramaian dan perkantoran. "Tetapi secara bertahap kami juga akan pulihkan yang ada di kawasan pemukiman," katanya.

Kabel optik milik Telkom putus pada titik 363.67 kilometer dari Kota Jayapura pada hari Jumat (6/4/2018) akibat dari gempa bumi yang terjadi di perairan Sarmi.

Kini Telkom telah mengaktifkan jaringan cadangan yang menggunakan Radio IP dan satelit dengan kapasitan 1.600 MBps dan 266 MBps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper