Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Darmin Janjikan Online Single Submission Kelar April 2018

Pemerintah menjanjikan sistem perizinan terintegrasi (online single submission/OSS) rampung pada April 2018.
Ilustrasi/bptpm.dumaikota.go.id-.jpg
Ilustrasi/bptpm.dumaikota.go.id-.jpg

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah menjanjikan sistem perizinan terintegrasi (online single submission/OSS) rampung pada April 2018.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan sejauh ini masih terdapat pembahasan di sejumlah kementerian yang belum tuntas.

"Kalau ke Presiden janjinya pertengahan April, mungkin diumumkan ke publik akhir April [2018]," katanya ketika ditemui di Istana Negara, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Seperti diketahui, pemerintah menyiapkan kebijakan perizinan terintegrasi untuk kemudahan berusaha. Kebijakan ini merupakan implementasi tahap kedua dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

Dengan adanya sistem terintegrasi, diharapkan dapat membantu mengerek peringkat kemudahan berusaha Indonesia. Saat ini, posisi peringkat EoDB Indonesia berada pada peringkat 72. Peringkat Indonesia tersebut lebih baik dari China yang menduduki peringkat 78, India di peringkat 100, dan Brazil pada peringkat 125.

Presiden Joko Widodo menargetkan peringkat EoDB Indonesia berada di posisi 40 pada 2019.

Dengan OSS, perizinan dari tingkat pusat sampai daerah terintegrasi menjadi satu kesatuan. OSS dianggap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Sebelumnya, Jokowi juga mengingatkan bahwa koordinasi dan konsolidasi adalah kunci.

"Oleh sebab itu menteri, menko dan seluruh kepala lembaga harus betul-betul memperhatikan dua hal itu yaitu konsolidasi dan koordinasi," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper