Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mentan Tinjau Rawa Lebak di Kalsel

Menteri Pertanian Amran Sulaiman meninjau pembangunan areal pertanian program padat karya di Batola Selatan, Kalimantan Selatan.

Bisnis.com, BANJARMASIN - Menteri Pertanian Amran Sulaiman meninjau pembangunan areal pertanian program padat karya di Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Amran menilai, masih banyak lahan rawa lebak yang di Indonesia belum ditangani dengan baik. Padahal, lahan rawa lebak memiliki berbagai macam potensi termasuk di Kalimantan Selatan.

Untuk membuat lahan rawa lebak dapat dipergunakan, kementerian pertanian akan menyumbangkan 40 ekskavator ke Kalimantan Selatan, yang direalisasikan alokasi dari 215 ekskavator yang akan disumbangkan keseluruh Indonesia.

Pengadaan ekskavator ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan sistem pengairan, petakan sawah, jalan pertanian, perbaikan saluran irigasi, pembuatan embung, pemeliharaan penataan struktur lahan pertanian pada lahan rawa dan kawasan pertanian lainnya.

Amran Sulaiman menuturkan, dirinya berharap dengan melimpahnya sumber daya di Kalsel dapat memajukan ekonominya. "Masyarakat Kalsel berproduksi karena tanah subur dan air berlimpah, kami ingin pulau kalimantan tidak tergantung pada provinsi lain," ucapnya pada saat peninjauan areal pertanian, Kamis (5/4/2018).

Areal pertanian di Barito Kuala juga melibatkan industri padat karya dari masyarakat sekitar, dengan membangun pertanian yang modern. Padi, Jagung dan Kedelai merupakan komoditi yang diunggulkan

Dia juga mengatakan akan menjadikan lahan ini pertanian modern, bukan pertanian lama.

"Nanti disini beda, semua proses pertanian akan menggunakan alat alat pertanian modern seperti combine harvester dan lainnya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper