Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Air Minum Regional Yogyakarta-Sleman-Bantul Dipercepat

Sistem Penyediaan Air Minum Regional Kartamantul (Yogyakarta, Sleman, dan Bantul) akan melayani kebutuhan air bersih bagi 150.000 jiwa yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, JAKARTA - Sistem Penyediaan Air Minum Regional Kartamantul (Yogyakarta, Sleman, dan Bantul) akan melayani kebutuhan air bersih bagi 150.000 jiwa yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya.

Pembangunan SPAM Regional merupakan sistem terpadu untuk optimasi pelayanan air bersih untuk beberapa daerah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dengan sistem terpadu ini dapat mengatasi keterbatasan air baku yang tidak merata di berbagai daerah serta menghemat anggaran dalam pembangunan instalasi pengolahan air minum (IPA) dan jaringan distribusinya.

“Pembangunan SPAM regional lebih efektif karena sumber air bakunya satu tetapi dapat dimanfaatkan untuk beberapa kota/kabupaten. Hal ini merupakan salah satu upaya mempercepat pencapaian target akses air minum aman 100% pada tahun 2019,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (4/4/2018).

Sumber air baku SPAM Kartamantul berasal dari Sungai Progo. Pembangunannya dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya mulai tahun 2014 dengan target selesai pada 2018.

SPAM Kartamantul direncanakan memiliki kapasitas 700 liter/detik dengan cakupan layanan sebanyak lima kecamatan di Kabupaten Sleman, 14 kecamatan di Kota Yogyakarta dan tiga kecamatan di Kabupaten Bantul.

Pembangunannya dilakukan dua tahap yakni APBN tahun 2014-2015 senilai Rp88,7 miliar dan APBN tahun 2017-2018 senilai Rp90,5 miliar.

Pembangunan berupa intalasi pengolahan air, dua buah reservoir dengan kapasitas 2.000 m3 dan 1.000 m3, booster 500 m3, jaringan perpipaan sepanjang 18 km dan 12 km serta bangunan pendukung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper