Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Ramadan, Pemprov Sumbar Kumpulkan Distributor

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mengumpulkan distributor kebutuhan pokok di daerah itu jelang Ramadan tahun ini, guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga yang tidak terkendali.

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mengumpulkan distributor kebutuhan pokok di daerah itu jelang Ramadan tahun ini, guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga yang tidak terkendali.

Zaimar, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar mengatakan saat Ramadan dan Lebaran kerap kali harga – harga kebutuhan pokok melambung tinggi di Sumbar.

“Dua tahun terakhir ini saat momen Ramadan dan Lebaran tidak terjadi lagi lonjakan harga yang tinggi. Kami ingin tahun ini juga bisa lebih terkendali,” katanya, Kamis (5/4/2018).

Salah satu upaya pengendalian, imbuhnya, adalah mengumpulkan distributor kebutuhan pokok di Sumbar, agar bersama pemerintah menjaga ketersediaan pasokan barang dan mendistribusikannya dengan baik kepada masyarakat.

Menurutnya, cara itu efektif meminimalisir aksi spekulan yang kerap menyebabkan harga – harga naik secara signifikan dan tidak terkendali.
“Rencananya pertengahan bulan ini kami kumpulkan distributor, untuk persiapan sebelum puasa dan Lebaran,” ujarnya.

Zaimar mengungkapkan sejauh ini harga kebutuhan pokok di Sumbar cenderung stabil.

Seperti bawang merah di kisaran Rp30.000 sampai Rp34.000 per kg, cabai merah dikisaran Rp40.000 hingga Rp42.000 per kg, dan daging Rp120.000 hingga Rp130.000 per kg.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meminta semua pihak melalui tim pengendalian inflasi daerah (TPID) Sumbar memantau pergerakan harga dan memaksimalkan peran, guna memastikan harga-harga terkendali dan inflasi tetap terkontrol dengan baik.

“Terutama barang – barang kebutuhan pokok yang selama ini rentan menyebabkan inflasi. Jadi tidak boleh ada kenaikan harga yang signifikan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper