Wisata Menyusuri Sungai Terpanjang di Indonesia

Oleh: Rachmad Subiyanto 05 April 2018 | 10:34 WIB
Suasana tepi Sungai Kapuas di malam hari yang dapat dinikmati dari kapal wisata./JIBI-Rachmad Subiyanto

Bisnis.com, PONTIANAK—Pernah berkunjung ke Pontianak? Selain terkenal akan Tugu Khatulistiwa, Pontianak juga dikenal dengan Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia.

Keindahan Sungai Kapuas ini dapat menjadi salah satu alternatif pilihan wisata di malam hari selain mencoba beragam kuliner peranakan khas Pontianak. Dengan hanya bermodalkan Rp15.000 per orang, Anda dapat menyusuri Sungai Kapuas menggunakan kapal yang parkir di Alun – Alun Kapuas.

Tak sulit untuk mencari lokasinya, karena alun – alun ini sudah menjadi semacam ikon di Pontianak. Ada taman dan air mancur yang ada di dalam alun – alun. Sayangnya, penerangan di dalam alun – alun masih perlu ditambah.

Sebelum naik ke kapal, Anda juga dapat menikmati penganan yang dijual oleh pedagang. Uniknya, penjaja penganan ini menggunakan kapal sebagai tempat meletakkan dagangannya seperti jagung bakar, sosis bakar sampai mi instan.

Dalam kapal wisata juga ada kafe yang menjual beragam penganan serupa termasuk minuman untuk menghangatkan badan. Kapal yang dibagi menjadi dua dek, atas dan bawah ini, mulai bergerak menyusuri Sungai Kapuas yang membelah Kalimantan Barat.

Rumah – rumah penduduk yang ada di pinggir sungai memberikan lampu penerangan membuat kerlip di tepian sungai. Kapal berlayar melewati Masjid Jami’, Keraton Kadriyah Pontianak, meluncur ke bawah jembatan Kapuas dan kemudian berputar kembali ke Alun – Alun Kapuas.

Pemerintah Kota Pontianak memang mengusung konsep water front city dengan menjadikan Sungai Kapuas sebagai halaman depan bagi kota. Agar lebih baik, masyarakat juga sebaiknya juga ikut menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai.

Editor: Rachmad Subiyanto

Berita Terkini Lainnya