Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

P&G Rilis Film Dokumenter The Power of Clear Water

Procter & Gamble (P&G) merayakan Hari Air Sedunia pada 22 Maret 2018 dengan merilis film dokumenter berjudul The Power of Clear Water, yang bekerjasama dengan National Geographic Channel untuk menyoroti krisis yang dihadapi oleh 663 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan keterbatasan akses air bersih setiap harinya.

Bisnis.com, JAKARTA - Procter & Gamble (P&G) merayakan Hari Air Sedunia pada 22 Maret 2018 dengan merilis film dokumenter berjudul "The Power of Clear Water", yang bekerjasama dengan National Geographic Channel untuk menyoroti krisis yang dihadapi oleh 663 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan keterbatasan akses air bersih setiap harinya.

Film dokumenter ini menunjukkan dampak positif yang dapat ditimbulkan air bersih pada kualitas hidup masyarakat di seluruh dunia, melalui perspektif unik dari tiga wanita (yang telah merasakan manfaat dari Program CSDW P&G) dari tiga negara di lebih dari 90 negara, yaitu Indonesia, Kenya, dan Meksiko.

“Melalui program Children’s Safe Drinking Water (CSDW), demi memberikan akses yang lebih mudah terhadap air bersih dan aman bagi masyarakat. Melalui program dan film dokumenter yang kami buat bersama National Geographic Channel ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran yang lebih tinggi terhadap masalah ini dan memberikan solusi serta memotivasi perubahan ke arah yang lebih baik di seluruh dunia,” jelas Stephan Sinisuka, Corporate Communication Manager of Procter & Gamble Indonesia dalam siaran persnya.

Melalui Program CSDW, P&G bertujuan dapat memaksimalkan pasokan air bersih bagi masyarakat yang paling membutuhkan, khususnya untuk kaum perempuan. Bagi mereka, kemudahan akses terhadap air bersih dapat memberikan peluang lebih besar dan signifikan untuk mendukung aspek pendidikan dan ekonomi.

Dalam film dokumenter ini, penonton akan menyaksikan Veronika, siswi berusia 18 tahun di Nusa Tenggara Timur, Indonesia; Antonia, pemilik usaha kecil dan ibu dari dua orang anak di Oaxaca, Meksiko; dan Mary, seorang ibu muda dan juga pekerja kesehatan di daerah pedesaan di Kenya. Film dokumenter ini menunjukkan realita kehidupan sehari-hari yang terkadang sulit untuk dijalani bagi masyarakat di daerah terpencil, dan bagaimana mimpi para wanita ini pun tidak jauh berbeda dari kita.

Setiap wanita yang telah lama berjuang demi mendapatkan pasokan air bersih dan mencoba paket P&G Purifier of Water, kini memiliki akses terhadap air bersih untuk keluarga mereka. Air bersih telah memberikan kesempatan untuk mengatasi keterbatasan di hidup mereka, sebagai hasilnya kini mereka dapat memiliki; kesempatan untuk belajar di sekolah dengan lebih baik, mendapatkan penghasilan tambahan untuk keluarga, atau memberikan pengarahan kepada masyarakat tentang pentingnya air bersih.

“Wanita dan anak-anak perempuan di negara-negara berkembang, seperti Indonesia, menghabiskan setidaknya enam jam setiap hari untuk mengumpulkan air, ini setara dengan 40 miliar jam setiap tahun dikeluarkan hanya untuk mendapatkan air yang aman untuk dikonsumsi. Padahal, waktu berharga yang mereka miliki ini dapat dimanfaatkan lebih baik lagi untuk bekerja dan/atau mengenyam pendidikan,” ujar Candra Dethan, Zonal Manager Eastern Zone ChildFund International.

Namun, katanya, sejak program CSDW P&G diperkenalkan dan berjalan di Nusa Tenggara Timur, Veronika – salah satu penerima manfaat program kami di NTT – kini dapat bersekolah lebih rajin dan memanfaatkan lebih banyak waktu untuk belajar, serta menjadi siswa teladan di kelasnya.”

Program CSDW adalah salah satu upaya dan komitmen P&G memberikan pengarahan tentang pentingnya upaya melakukan kebaikan dan juga mendorong pertumbuhan masyarakat di seluruh dunia. Melalui bantuan dari lebih 150 mitra di seluruh dunia, P&G telah menyediakan lebih dari 13 miliar liter air bersih dan menargetkan 15 miliar liter air bersih pada tahun 2020. Dengan keahlian P&G dalam pengembangan inovasi dan riset konsumen, para ilmuwan di P&G ‘mengubah’ sistem pengolahan air kotor menjadi air bersih hanya dengan menggunakan inovasi produk sesederhana bubuk Purifier of Water sachet empat gram.

Teknologi ini mudah digunakan; hanya dengan menggunakan ember, sendok, kain dan bubuk P&G Purifier of Water, para keluarga dapat memurnikan 10 liter air kotor, hanya dalam waktu 30 menit. Jumlah ini dianggap memadai untuk asupan air minum bagi lima orang dalam satu keluarga untuk satu hari.

Di Indonesia, program CSDW pertama kali dijalankan tahun 2004 ketika Aceh dilanda bencana tsunami dan telah membantu puluhan ribu keluarga di seluruh Indonesia yang menjadi korban bencana alam seperti di Padang, Yogyakarta, Jakarta, beberapa lokasi di Jawa Tengah, Papua dan sebagainya.

Sejak 2015, P&G Indonesia mengukuhkan komitmennya menyediakan 65 juta liter air bersih kepada lebih dari 8.000 keluarga di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan kemudian pada 2017, 3.000 keluarga di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat dengan 22 juta liter air bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper