Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perhotelan di Solo Rasakan Dampak Positif Agenda Politik

Bisnis perhotelan di triwulan pertama tahun ini menunjukkan hasil positif. Bersamaan dengan tahun politik, sejumlah hotel di wilayah Solo dan sekitarnya optimistis akan ada pertumbuhan pendapatan.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SOLO—Bisnis perhotelan di triwulan pertama tahun ini menunjukkan hasil positif. Bersamaan dengan tahun politik, sejumlah hotel di wilayah Solo dan sekitarnya optimistis akan ada pertumbuhan pendapatan.

Meski tak lama lagi memasuki bulan puasa, sebagian hotel optimistis pendapatan dari berbagai sektor akan tumbuh. "Biasanya untuk puasa memang cenderung turun. Saat ini pemesanan untuk bulan puasa juga belum terlihat. Tapi tahun ini lebih baik dari tahun lalu," kata Marketing Communications Best Western Premier Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Denish Ardhaneswara, Selasa (3/4).

Menurutnya dari tiga bulan pertama di tahun ini, telah menunjukkan adanya peningkatan pendapatan dibandingkan tahun lalu. "Banyak yang beranggapan di triwulan pertama biasanya [untuk bisnis perhotelan] akan turun. Tapi kami ada peningkatan sekitar 25 persen di awal tahun, baik dari okupansi maupun revenue," kata dia.

Menurutnya di tahun ini memungkinkan banyaknya kegiatan yang digelar bersamaan dengan tahun politik. Sejak awal tahun, dia mengatakan sudah ada beberapa kegiatan yang digelar baik dari kalangan legislatif dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Tahun politik, kegiatan seperti konsolidasi partai maupun kegiatan KPU akan digelar di hotel. Biasanya juga ada yang digelar di hotel kami. Awal tahun sudah ada kegiatan dari KPU. Kemudian akhir Maret ada kegiatan dari DPR," terang dia.

Dia optimis hingga akhir tahun nanti bisnis perhotelan akan berjalan baik. Dia juga yakin ke depan Solo tetap akan menjadi kota yang akan banyak dikunjungi masyarakat dari luar Solo. Meskipun posisi Best Western Premier Solo Baru berada di wilayah Sukoharjo, namun banyaknya kegiatan yang dilakukan di Solo akan berdampak pada hotel di sekitar Solo.

Sementara itu Public Relations Lorin Solo Hotel, Dhani Wulandari, juga mengatakan adanya peningkatan revenue di triwulan pertama tahun ini.

"Dari sisi bisnis mulai naik. Kami tumbuh sekitar 10 persen. Mulai April mulai naik. Banyak kegiatan yang digelar, seperti kegiatan kementerian, meeting, acara di bidang edukasi juga sudah mulai masuk. Kami juga ada venue outdoor untuk sektor wedding yang juga selalu ramai di akhir pekan," kata dia.

Terkait tahun politik, dia berharap pelaksanaan pemilihan kepLa daerah di Jawa Tengah dapat berjalan lancar dan aman, sehingga dapat berdampak positif untuk aktifitas bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Bayu Jatmiko Adi/Solopos

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper