Ke Pantai Sawarna Yuk, Rute Saketi-Malingping-Bayah Mulus Lho!

Oleh: Sutarno 01 April 2018 | 09:31 WIB
Ke Pantai Sawarna Yuk, Rute Saketi-Malingping-Bayah Mulus Lho!
Siluet senja saat mata hari terbenam di Pulo Manuk, Sawarna./Bisnis-sutarno

Bisnis.com, JAKARTA – Siapa yang tak kenal dengan nama Pantai Sawarna?  Meskipun ada yang belum sempat ke sana, para netter tentu sudah dengar nama tersebut.

Pantai yang terletak di ujung timur selatan Provinsi Banten tersebut menawarkan pemandangan pantai nan Indah.

Sawarna diambil dari nama salah satu desa di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Karena lokasi pantai berada di desa tersebut, maka kemudian lebih populer dengan nama Pantai Sawarna.

Lokasinya berbatasan  dengan pesisir pantai selatan Kabupaten Sukabumi dan berjarak sekitar 48 kilometer dari dari Pelabuhan Ratu.

Yang selama ini menjadi momok bagi yang belum pernah ke Pantai Sawarna adalah akses jalan yang tidak nyaman menuju surga tersembunyi di belahan bumi Selatan Banten tersebut.

Anggapan itu sudah tidak berlaku lagi. Bisnis mencoba melakukan trip dengan bermalam ke Pantai Sawarna pada Jumat 30 Maret 2018 melalui rute Tangerang Selatan—Serang—Pandeglang—Saketi—Malingping—Bayah—Sawarna, untuk mematahkan pameo tersebut.

Bisnis sengaja memilih rute ini, karena inilah jarak terpendek dari Tangerang Selatan ke Sawarna via Serang dengan exit di Gerbang Tol Serang Timur.

Perjalanan touring ini malah dimanjakan dengan mulusnya jalan cor di ruas Saketi—Malingping di wilayah Pandeglang. Memang diperlukan sedikit konsentrasi saat mengeber mobil di ruas jalan ini, karena banyak ditemukan kelokan tajam di ruas Saketi—Malingping.

Namun, mobil bisa digeber dengan kecepatan rata-rata 60-70 kilometer per jam dan sesekali dipacu hingga 80-90 kilometer per jam saat ditemui jalur lurus.

Akan tetapi perjalanan melalui rute Saketi—Malingping sangat nyaman, karena lalu lintasnya relatif sepi. Sesekali, Bisnis harus melakukan manuver ala Lewis Hamilton saat menyalip truk yang sarat muatan dan terengah-engah saat melintasi tanjakan.

Dari Malingping ke Bayah—Sawarna di Kabupaten Lebak, jalannya pun mulus karena melintasi ruas jalan provinsi pesisir selatan yang menghubungkan Lebak dengan Sukabumi.

Ketidaknyaman sedikit terusik, saat memasuiki ruas jalan yang menuju ke Pantai Sawarna, yaitu di pertigaan selepas areal PT Cemindo Gemilang.

Jarak dari pertigaan tersebut ke Pantai Sawarna sekitar 5 kilometer. Separoh rute tersebut diwarnai dengan jalan berlubang, kendati tidak terlalu parah. Ruas jalannya relatif sempit, karena saat dua mobil harus berpapasan mereka harus melambatkan kecepatan.

Akan tetapi ketidaknyamanan tersebut terobati dengan indahnya pantai di sepanjang ruas jalan aspal selebar 3 kilometer tersebut.

Baca Juga: Hunting Pantai di Sawarna Membuat Lupa akan Keindahan Carita dan Anyer

Total jarak Sawarna dari titik start Bisnis di wilayah Bumi Serpong Damai, sekitar 200 kilometer dengan waktu tempuh 6 jam, diselingi dengan rehat sarapan di Pandeglang sekitar 1 jam dan sholat Jum’at di Bayah sekitar 40 menit.

Dengan kata lain, waktu tempuh ke Pantai Sawarna tersebut sebenarnya bisa dihemat menjadi hanya 3—4 jam saja, jika mengendarai mobil nonstop tanpa rehat sama sekali.

Rute Alternatif ke Sawarna

Untuk menuju ke Pantai Sawarna dari Jakarta, ada tiga alternatif rute. Dua alternatif tersebut melalui Serang, sedangkan satunya melalui Bogor. Ketiga alternatif rute itu adalah:

Rute I: Jakarta—Bogor—Sukabumi—Pelabuhan Ratu—Sawarna

Rute II: Jakarta—Serang—Anyer—Tanjung Lesung—Bayah—Sawarna

Rute III: Jakarta—Serang—Pandeglang—Saketi—Malingping—Bayah—Sawarna

Rute terpendek adalah Rute I melalui Bogor—Sukabumi—Pelabuhan Ratu—Sawarna, namun kemacetan selepas Tol Bogor—Cibadak—Pelabuhan Ratu patut dipertimbangkan, karena bisa menambah waktu tempuh.

Sekadar informasi, jarak Bogor ke Pelabuhan Ratu sekitar 83 kilometer, kemudian dari Pelabuhan Ratu masih menempuh jarak sekitar 48 kilometer ke Sawarna.

Rute II jaraknya paling jauh, karena harus menyisir obyek wisata pantai Carita, Anyer, Tanjung Lesung. Boleh dibilang, rute ini akan menyisir 5/6 pesisir pantai Provinsi Banten.

Namun, bonusnya Anda akan puas menikmati keindahan pantai Pesisir Banten mulai dari Anyer hingga Swarna.

Hanya saja jarak dan waktu tempuh bisa menjadi nilai minus, terutama saat liburan ketika lalu lintas sepanjang pantai Carita—Anyer padat karena ramainya pengunjung.

Sekadar kalkulasi, jarak dari Gerbang Tol Serang Timur untuk menelusuri  Anyer—Tanjung Lesung—Bayah—Sawarna sekitar 224 kilometer.

Silakan pembaca mengkalkulasi sendiri jarak dari rumah ke Gerbang Tol Serang Timur, kemudian ditambahkan 224 kilometer untuk mendapatkan jarak riil rumah ke Pantai Sawarna.

Lalu bagaimana dengan Rute III? Menurut Bisnis, inilah rute paling ideal menuju ke Pantai Sawarna. Jaraknya memang lebih jauh dibandingkan dengan Rute I.

Namun, waktu tempuhnya relatif lebih pendek karena tidak menemukan kemacetan berarti dan jalur alternatif  Pandeglang—Pantai Sawarna via Saketi—Malingping sangat mulus.

Jarak dari Gerbang Tol Serang Timur ke Pantai Sawarna melalui rute Pandeglang—Saketi—Malingping—Bayah ini sekitar 151 kilometer.

Abaikan dengan bonus Pantai Carita, Anyer, Tanjung Lesung di Rute II. Keindahan ketiga pantai tersebut tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Pantai Sawarna.

Ditambah lagi dengan pemandangan pesisir di sepanjang perjalanan dari Bayah—ke Sawarna, dijamin Anda akan melupakan Carita, Anyer, Tanjung Lesung.

Banyak spot pinggir pantai yang bisa dinikmati di tengah perjalanan rute Bayah—Sawarna dengan fasilitas sawung  atau pondokan yang disediakan warta setempat.

Dengan pilihan spot batu karang atau pun pasir putih, lokasi tersebut sangat keren untuk berselfie atau swa foto.

Ayo tunggu apa lagi, agendakan liburan akhir pekan Anda ke Pantai Sawarna.

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya