Suasana berlangsungnya Seminar Bijak Menggunakan Wadah Plastik Untuk Kehidupan yang Hebat, Senin (26/3/2018)/ist
Health

Technoplast Berbagi Tips Penggunaan Wadah Plastik yang Aman dan Sehat

Yusran Yunus
Senin, 26 Maret 2018 - 23:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presenter terkenal yang sehari-harinya berprofesi sebagai dokter, Lula Kamal, mengimbau para ibu rumah tangga untuk lebih selektif dalam menggunakan peralatan rumah tangga yang berbahan plastik .

Dalam kasus wadah plastik misalnya, Lula mengaku yakin menggunakan suatu produk jika pada produknya mencantumkan logo atau tag BPA Free pada beberapa jenis plastik. Pertimbangan lain dia dalam memilih produk wadah plastik adalah faktor fungsional dan design.

“Sebagai seorang ibu yang turut melaksanakan kewajibannya, ketika hendak mencuci wadah kemasan plastik adalah terdapat noda yang tertinggal. Dan kerap kali menyulitkan saat proses mencucinya. Akhirnya saya browsing dan menemukan cara efektif yang terbukti berhasil. Yaitu, cukup mencuci menggunakan sponge yang
lembut dengan jeruk nipis atau baking soda . Informasi tadi itu saya dapatkan dari website dan instagram Technoplast," kata Lula dalam Seminar bertemakan "Bijak Menggunakan Wadah Plastik Untuk Kehidupan yang Hebat", Senin (26/3/2018).

Seminar ini digelar oleh Technoplast, perusahaan manufaktur berbasis plasticware asli Indonesia yang memproduksi produk peralatan rumah tangga, dan memiliki lebih dari 50 lisensi resmi untuk produksi setiap produknya.

Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan UI, DR. Emil Budianto memaparkan data Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menyebutkan terdapat 6 jenis plastik untuk wadah makan, yaitu Polietilen Tereftalat (PET) , High Density Polyethylene (HDPE), Polivinil Klorida (PVC), Low Density Polyethylene (LDPE), Polipropilen (PP) , Polycarbonate (PC).

"Keenam jenis plastik itu memiliki fungsinya masing-masing. Masyarakat harusnya mulai tahu bahwa setiap jenis plastik memiliki treatment yang berbeda. Ada yang tidak boleh kena panas secara langsung dan ada yang tidak boleh kena suhu dingin".

Dia mengatakan bijak menggunakan wadah plastik bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu memilih material plastik yang tidak berbahaya bagi kesehatan dan ramah lingkungan, design kemasan plastik yang limbahnya paling sedikit, dan menjadi konsumen yang cerdas.

Vice Chief Production Officer Technoplast, Hartadi Alamsyah mengemukakan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, Technoplast mengikuti beragam standarisasi baik nasional maupun internasional.

Dalam pemilihan produk, menganut 3 kategori yaitu end user profile, formula dan compliance. End user profile ialah upaya memahami keinginan publik melalui jenis umur, fungsional, nilai estetika, dan perilaku konsumen itu sendiri.

Formula ialah prosedur yang diterapkan dalam memproduksi sebuah produk, berdasarkan chemical quality, performance dan processability. "Terakhir, kami memproduksi sebuah produk berdasarkan sifat compliance, yaitu product safety, food contact, environment, dan specific requirement," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yusran Yunus
Editor : Sutarno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro